Kemenristekdikti RI Terbitkan Izin S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Unija Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Kemenristekdikti RI Terbitkan Izin S1 Kebidanan dan Profesi Bidan di Unija Sumenep
Kiri, Rektor Unija Sumenep, Sjaifurrachman, menerima surat keputusan dari Kemenristekdikti RI melalui LLDIKTI VII di Surabaya (Foto. Istimewa for PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia () telah menerbitkan izin pembukaan Strata Satu (S1) pada Program Studi (Prodi) Kebidanan dan Profesi Bidan di Universitas Wiraraja ().

Keputusan tersebut ditetapkan tanggal 26 Juli 2019 dengan surat keputusan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Nomor 620/KPT/I/2019.

Pihak Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menerima surat keputusan tersebut melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII.

Proses penerimaan oleh Rektor Unija, Sjaifurrachman, berlangsung di Ruang Pertemuan ‘Erie Soedewo' Kantor LLDIKTI Wilayah VII, Jl. Dr. Ir. Soekamo No. 177 Surabaya, Kamis, 15 Agustus 2019.

Rektor , Sjaifurrachman menyampaikan, Unija awalnya ada 13 program pendidikan dan dengan bertambahnya dua prodi yang izinnya sudah terbit, maka sudah ada 15 prodi.

“Izin yang diterbitkan Kemenristekdikti untuk SI Kebidanan dan Profesi Bidan, langsung akreditasi C. Artinya terdaftar,” terang Sjaifurrachman, pada PortalMadura.Com, Sabtu (17/8/2019).

Ia menjelaskan, setelah dua prodi tersebut berjalan dua tahun, maka ada kewajiban kembali untuk mengajukan akreditasi ulang.

“Ada ruang untuk mengajukan akreditasi lagi sebelum meluluskan mahasiswa. Insya Allah target kami harus sudah akreditasi B,” ujarnya.

Pembukaan Strata Satu (S1) Kebidanan dan Profesi Bidan berbeda dengan prodi lainnya. Sebelum mendapatkan izin dari Kemenristekdikti RI ada proses visitasi akreditasi yang dilakukan oleh banyak pihak bersama Kemenristekdikti RI.

“Misalnya, sudah harus ada 60 bidan pendamping, ada lab dan sudah bekerjasama dengan sejumlah rumah sakit serta kesiapan dosen dan sarana lainnya. Itu sudah dilalui semua. Bahkan, kita sudah melakukan kerjasama dengan sejumlah perguruan tinggi di Jatim,” urainya.

Untuk Jawa Timur, Unija Sumenep baru yang ke 5 yang mendapatkan izin pembukaan Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan. “Kalau di Madura baru Unija,” jelasnya.

Pihaknya memberi kesempatan kepada masyarakat, terutama bagi bidan yang sudah bertugas, bila belum S1 atau belum memiliki Profesi Bidan, maka saatnya berbenah diri bersama Unija.

“Sekarang kan ada Undang-undang kebidanan. Untuk seluruh bidan itu harus S1. Dan ini sebenarnya tidak cukup tetapi harus punya keilmuan profesi bidan,” tandasnya.

“Kami sudah siap menyelenggarakan SI dan Profesi Bidan,” tutupnya.(*)

Baca Juga :

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.