Kena Penyakit Mata, Hewan Kurban Dilarang Disembelih

Avatar of PortalMadura.Com
Kena Penyakit Mata, Hewan Kurban Dilarang Disembelih
Hewan kurban bebas penyakit (Foto: Samsul Arifin)

PortalMadura.Com, – Kabid Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Pemkab Sumenep, Madura, Jawa Timur, drh. Zulfa meminta, yang terkena penyakit meski hanya mata tidak boleh disembelih karena akan berbahaya bagi yang mengonsumsi dagingnya.

“Kalau hewan kurban ditemukan terkena penyakit, meski hanya penyakit mata jangan sampai disembelih, harus sembuh dulu,” kata Zulfa, Jumat (17/8/2018).

Ia menyampaikan, hasil pemeriksaan hewan kurban yang dilakukannya selama ini belum ditemukan hewan kurban yang kena penyakit meski hanya mata. Tapi kalau ditemukan, para penyedia hewan kurban harus mengobatinya dengan cepat agar tidak menular pada yang lain.

“Kami sudah meminta pada penyedia hewan kurban agar hewannya tidak sakit. Karena saat ini musim panas. Kalau ditemukan ada hewan yang sakit, silahkan diobati,” jelasnya.

Pihaknya berjanji akan terus memantau kesehatan hewan kurban, baik yang ada di tempat khusus atau pun di pasar hewan. Sebab, jika ada hewan kurban yang mengidap penyakit dan disembelih, maka dikhawatirkan menular pada manusia saat dikonsumsi.

“Hingga saat ini memang belum kami temukan hewan yang berpenyakit. Kami akan terus memantaunya hingga lebaran nanti,” tukasnya. (Arifin/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.