oleh

Kenali 12 Masalah Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Baterai Cepat Habis

PortalMadura.Com – Saat ini setiap orang rata-rata sudah memiliki ponsel. Setiap orang menginstal berbagai aplikasi di ponsel, mulai dari aplikasi permainan, media sosial dan aplikasi toko online. Aplikasi yang berbagai macam ini bisa membuat baterai cepat habis.

Jika ponsel Anda mengalami panas dan baterai cepat habis, itu tandanya ada masalah pada ponsel Anda. Dilansir dari laman Liputan6.Com, Kamis (18/6/2020) 12 penyebab hp panas dan baterai cepat habis.

Berada Di Lingkungan yang Panas

Hp Anda jika terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung atau terkena panas dari sumber yang lain. Ini dapat menyebabkan masalah yang serius pada HP anda. Sehingga dapat merusak komponen internal pada ponsel Anda dan memengaruhi masa pakai baterai, memperlambat kinerja ponsel dan bisa merusak layar ponsel.

Layar Terlalu Terang

Anda suka menggunakan layar terang pada ponsel, ini bisa menjadi salah satu penyebab ponsel cepat panas dan baterai cepat habis. Maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengubah otomatis warna layar.

Wifi Terus Menyala

Fitur wifi yang selalu menyala dapat menguras baterai dan membuat ponsel Anda panas. Maka jiki wifi tidak digunakan sebaiknya dimatikan agar tidak meguras baterai ponsel Anda.

Sinyal Tidak Stabil

Saat Anda berada di daerah dengan sinyal yang susah. Ini akan membuat ponsel Anda cepat panas dan baterai terkuras. Sebaiknya matikan data seluler Anda saat berada di lokasi yang susah sinyal

Banyak Notifikasi

Anda memiliki banyak sekali aplikasi di ponsel dan membuat notifikasi selalu bermunculan di beranda. Bahkan Anda mengaktifkan getar dan suara, jadi ini dapat membuat ponsel Anda terus bekerja. Sebaiknya matikan notifikasi aplikasi yang tidak terlalu Anda gunakan.

Banyak Aplikasi Terbuka

Seringkali Anda membuka berbagai aplikasi secara bersamaan dan tidak benar-benar menutupnya. Perlu Anda ketahui ini yang dapat menyebabkan ponsel Anda cepat panas dan baterai cepat habis.

Penyikronan Otomatis Aplikasi dan Data

Sikronisasi otomatis pada ponsel Anda dapat menyebabkan ponsel menjadi panas dan baterai cepat habis. Sebaiknya atur otomatis pencadangan ini satu bulan satu kali.

OS yang Tidak Terupdate

OS atau sistem operasi yang tidak segera diperbaharui akan memperlambat kinerja aplikasi tersebut sehingga menyebabkan ponsel harus bekerja lebih ekstra. Hal inilah yang akan membuat ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.

Menggunakan HP Ketika di-Charge

Saat Anda mengisi daya ponsel lalu sambil digunakan untuk bermain game maka akan membuat ponsel Anda cepat panas dan baterai cepat habis. Hindari meletakkan ponsel di atas kasur atau bantal agar tidak membuat ponsel semakin panas.

Bug Pada Aplikasi

Bug yang terdapat pada aplikasi dan software akan menajdi penyebab ponsel Anda cepat panas dan baterai cepat habis. Oleh karena itu selalu memperbaharui aplikasi yang Anda gunakan agar bekerja lebih optimal.

Malware

Malware dapat selalu membuat aplikasi di Ponsel terus berjalan. Ini membuat prosesor terus berjalan sehingga membuat ponsel cepat panas dan baterai cepat habis.

Masalah Pada Baterai dan Charger

Keadaan baterai dan kabel charger jika terjadi masalah akan membuat ponsel Anda cepat panas dan bateri cepat habis. Apalagi jika kabel pengisian terjadi putus di dalam maka ini akan membuat ponsel Anda baterainya cepat habis.

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber: liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar