Kenali 2 Cara Rawat Mobil Bermesin Diesel, Apa saja?

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 2 Cara Rawat Mobil Bermesin Diesel, Apa saja?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Teknologi modern saat ini menjadikan lebih menyenangkan dikendarai daripada mesin bensin, meskipun mobil bermesin diesel memang pamornya kalah jumlah dibanding mobil bermesin bensin.

Namun jika dilihat dari kemapuannya, antara mobil mesin diesel dan mesin bensin sama-sama bandel. Hanya untuk perawatan mobil diesel saat ini harus ekstra hati-hati, karena tidak lagi sejorok mesin diesel lawas. Oleh karena itu, ini beberapa bagian yang harus Anda perhatikan saat merawat mobil bermesin diesel. Apa saja?

Berikut ini penjelasannya:

Pelumas
Beban kerja mesin diesel lebih ekstrem, penyebabnya yaitu rasio kompresi yang tinggi. Jika ditambah dengan kehadiran turbocharger, maka menghasilkan suhu dan tekanan yang lebih tinggi pula. Alhasil pelumas mesin diesel masa kini memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih rendah.

Bahan Bakar
Solar jadi bahan bakar mobil bermesin diesel. Hanya saja, untuk pemilihan jenisnya, wajib menggunakan solar berkualitas.

Jika menggunakan solar berkualitas, maka hal itu dapat menunjang kinerja mesin terutama yang telah dilengkapi mesin turbodiesel. Selain itu, performa optimal mesin diesel akan diperoleh dengan bahan bakar berkualitas yang memiliki kandungan sulfur rendah.

Sebaliknya, jika mesin turbodiesel mengonsumsi bahan bakar kualitas rendah (kandungan sulfur tinggi), maka filter solar akan bermasalah yaitu mampet, dan merambat terganggunya fungsi injektor.

Karena itu, filter solar mesin diesel modern harus sangat rapat. Tujuannya agar tidak ada kotoran yang bisa menghambat lubang injektor mesin turbodiesel.

Perlu dicatat, harga solar berkualitas memang lebih mahal, namun hal itu akan setimpal dengan performa mobil yang optimal. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.