Kenali, 3 Cara Mudah untuk Mencegah Kanker Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali, 3 Cara Mudah untuk Mencegah Kanker Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kanker kulit atau melanoma adalah bentuk kanker yang cukup banyak menyerang masyarakat. Jenis kanker ini dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Tetapi yang paling sering terkena adalah punggung pada pria dan kaki pada wanita. British Skin Foundation menyatakan jika melanoma ganas dapat berkembang lebih cepat dibanding kanker umum lainnya.

Kanker merupakan penyakit mematikan kedua setelah penyakit jantung. Termasuk kanker kulit. Dilansir dari Alo Dokter, kanker kulit merupakan berbahaya yang memiliki 5 jenis. Karsinoma sel basal, Karsinoma sel skuamosa, Actinic Keratosis, Kanker melanoma, dan Karsinoma sel merkel.

Setiap jenisnya memiliki ciri yang berbeda. Meskipun dapat mengancam siapapun, kanker kulit sebenarnya bisa dicegah. Alo Dokter berkata, pencegahan terbaik adalah dengan menghindarkan kulit dari paparan langsung sinar matahari dalam waktu lama.

Mencegah kanker kulit tentu saja tak bisa lepas dari makanan sehat yang dapat melindungi kulit dari berbagai gangguan penyakit. Seperti makanan-makanan yang mengandung vitamin C dan E. Namun juga penting bagimu untuk mengecek tahi lalat yang terdapat pada tubuh.

Apa lagi bagi orang yang pernah mengidap melanoma atau kanker kulit jenis non-melanoma. Selain menjauhkan kulit dari paparah sinar matahari dalam jangka waktu lama, ada beberapa cara lain sebagai pencegahan kanker kulit.

Hindari Paparan Sinar Matahari di Siang Hari
Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Terutama pada jam 10.00-14.00. Karena, pada waktu ini, merupakan puncak terpanas.

Gunakan Tabir Surya
Meskipun tak ingin berjemur di pinggir pantai, setiap harinya Anda tetap harus mengenakan tabir surya. Disarankan memakai tabis surya minimal SPF 15 untuk pemakaian sehari-hari. Jika cuaca lebih panas dari biasanya, kenakan tabir surya ber-SPF yang lebih tinggi.

Hindari UV Buatan
Memiliki kulit cokelat memang dianggap seksi bagi sebagian orang. Namun, tanning menggunakan UV buatan justru lebih berbahaya dari sinar matahari asli. Karena, Alo Dokter menulis, UV buatan menggunakan sumber radiasi sinar ultraviolet yang terkonsentrasi. Radiasi sinar UV ini bisa meningkatkan risiko berkembangnya melanoma.(fimela.com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.