Umat Muslim, Ini 4 Syarat agar Taubat Kita diterima

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 4 Syarat agar Taubat Kita diterima
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap insan manusia dimuka bumi ini pastilah pernah melakukan kesalahan karena pada dasarnya manusia adalah tempat salah dan dosa.

Begitu banyak orang-orang yang melakukan maksiat tanpa ada rasa takut kepada Allah SWT. Banyak juga yang mengatasnamakan Agama islam namun mereka membunuh dengan dalih berjihad. Masya Allah.

Maka dari itu, Allah SWT adalah sang Maha Pemaaf selalu membukakan pintu maaf, pintu kepada siapapun umatnya yang mau kembali kejalannya dan mulai bertaubat dan meninggalkan kebiasaan buruknya itu.

Akan tetapi walaupun AllahSWT selalu membukakan pintu taubatnya, ada syarat serta keihklasan dari dalam jiwa yang harus kita jalankan agar taubat kita diterima oleh Allah SWT.

Imam al-Ghazali dalam Minhajul Thalibin menyebut ada 4 syarat yang harus diperhatikan saat taubat agar diterima Allah SWT. 4 syarat tersebut sebagai berikut:

Sungguh-sungguh meninggalkan perbuatan dosa

Dia harus meneguhkan hati dan menguatkan jiwa untuk tidak akan pernah lagi mengulangi hal yang berbau maksiat.

Bertaubat dari perbuatan dosa yang sudah pernah dilakukan sebelumnya

Memohon ampun dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT atas kesalahan yang telah kita lakukan dimasa lalu.

Jangan mengulangi kesalahan atau dosa yang sama

Kita tidak boleh kembali bermaksiat dengan berbuat dosa yang sama, meskipun berbeda wujud ataupun modelnya.

Usaha dan Tawakal Kepada Allah serta teguh pendirian

Meninggalkan pengulangan dosa yang pernah dilakukannya semata-mata diniatkan hanya untuk menganggungkan Allah SWT serta menjauhkan murka dan siksa-Nya yang pedih, bukan karena kesenangan duniawi, ketakutan terhadap manusia, hasrat ingin dipuji, reputasi, jabatan, kemiskinan, dan kelemahan pribadi.

Nah itulah 4 syarat yang dikutip dari Imam al-Ghazali dalam Minhajul Thalibin. Yang terpenting jikalau kita ingin bertaubat adalah kesungguhan, keikhlasan dari diri sendiri, dari dalam jiwa, kemauan karena Allah bukan karena desakan atau sebab duniawi lainnya. Masya Allah. Semoga kita selalu ada dijalan Allah SWT. Amiin Alluhumma Amiin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.