Kenali 3 Tips Membuat Kue Gabus Keju yang Renyah

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 3 Tips Membuat Kue Gabus Keju yang Renyah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Cemilan memang selalu menjadi makanan yang paling banyak diminati. Betapa tidak hampir sebagian besar waktu yang dihabiskan oleh kebanyakan orang membuat mereka seringkali merasa lapar diantara jam makannya. Pada akhirnya membuat mereka memutuskan untuk mencari camilan agar dapat mengurangi rasa laparnya.

Salah satu camilan yang pas buat dijadikan camilah sehari-hari adalah kue gabus keju. Dijadikan suguhan lebaran pun enak. Rasa asin gurih kue gabus keju memang memberi sensasi ketagihan sendiri.

Membuat kue gabus keju sendiri di rumah pun tidak terlalu sulit, kok. Kelebihan membuat sendiri kue gabus keju adalah kita bisa memastikan bahan-bahan yang dipakai berkualitas dan rasanya yang sesuai selera.

Resep Kue Gabus Keju

Berikut tiga tips membuat kue gabus keju yang renyah yang bisa langsung dicoba di rumah.

Pakai Tepung Sagu yang Berkualitas

Untuk mendapatkan tekstur dan rasa kue gabus keju yang khas, kita perlu pakai tepung sagu. Tapi bila tidak ada tepung sagu, kita bisa menggunakan tepung tapioka atau tepung kanji. Hanya saja untuk hasil yang lebih renyah, tepung sagu lebih direkomendasikan.

Uleni Adonan Sampai Benar-Benar Kalis tanpa Tambahan Air

Bahan dasar kue gabus keju ini meliputi tepung sagu, keju cheddar parut, margarin, dan telur. Tidak perlu menambahkan air dalam adonan. Penambahan air malah berisiko membuat kue gabus jadi gagal. Uleni adonan sampai benar-benar kalis.

Jangan sampai ada adonan yang menggumpal. Sehingga memudahkan kita untuk membentuknya dengan cara memilinnya menyerupai “cacing”. Tidak perlu dibentuk terlalu besar karena ketika digoreng nantinya akan mengembang.

Gunakan Minyak Dingin untuk Menggoreng

Proses penggorengan ini juga sangat penting untuk menghasilkan kue gabus yang diinginkan. Siapkan wajan, tuang minyak yang masih dingin, lalu masukkan adonan kue gabus yang sudah dibentuk sampai terendam. Baru setelah itu, kita nyalakan kompor dengan api sedang.

Tunggu beberapa saat sampai kue gabus mengeras, baru kita bisa mengaduknya dan menggorengnya sampai agak kecoklatan. Angkat, lalu tiriskan. Pastikan kue gabus disimpan dalam stoples kedap udara, ya. Kue gabus keju yang renyah siap dinikmati sebagai camilan atau suguhan lebaran.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.