oleh

Kenali 5 Alasan Tubuh Sering Terserang Demam

PortalMadura.Com – Sekarang ini sudah memasuki musim peralihan, yaitu dari musim panas ke hujan. Tidak dapat dipungkiri jika sebagian orang bisa dibilang langganan mengalami demam yang biasanya juga disertai dengan flu.

Namun, bila terus-terusan tubuh sering demam, padahal sedang tidak dalam masa perubahan musim, tentu Anda jadi bertanya-tanya, kenapa tubuh mudah sekali terserang demam.

Nah, jika ingin tahu sekiranya apa sih yang membuat tubuh kerap terserang demam, berikut ini lima alasan umum kenapa tubuh sering mengalami demam:

Malas Mencuci Tangan dengan Bersih
Demam dan flu dapat dengan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain. Sebagai contoh, kuman-kuman bisa berpindah dari meja dari tangan dari meja ke tangan, atau dari meja orang lain dan kemudian ke tangan mereka lalu ke tangan Anda sendiri.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, disebutkan bahwa dianjurkan untuk mencuci tangan harus dilakukan setidaknya selama 20 detik alias tidak terburu-buru dan asal begitu saja. Soal mencuci tangan, kebiasaan ini idealnya harus dilakukan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah merawat seseorang yang sakit, setelah batuk dan menyentuh sesuatu yang kotor.

Sistem Imun Tubuh yang Rendah
Sebagian orang punya sistem imun yang kuat, dan sebagian orang lagi hadir dengan sistem kekebalan yang lemah. Maka dari itu, orang dengan sistem imunitas tubuh yang rendah memang cenderung lebih rentan untuk sering sakit. Kadang-kadang ini dapat disebabkan oleh masalah autoimun, beberapa penyakit atau obat-obatan tertentu.

Loading...

Dehidrasi
Jangan pernah anggap enteng masalah dehidrasi, alias situasi di mana tubuh kekurangan cairan. Nyatanya disebutkan, bahwa dehidrasi membuat sistem kekebalan atau imunitas tubuh seseorang jadi lemah dan dengan demikian menjadikan tubuh lebih gampang sakit. Menjaga diri terhidrasi adalah salah satu cara mudah untuk memastikan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan
Kebiasaan yang banyak dilakukan orang yang mana tidak disadari sebagai salah satu faktor penyebab tubuh jadi gampang mengalami demam, yaitu menyentuh wajah dengan tangan. Salah satu cara termudah bagi kuman untuk masuk ke tubuh adalah melalui tangan.

Maka dari itu, jika tangan kotor dan otomatis terdapat kuman di dalamnya karena malas untuk mencuci tangan dengan benar, lalu tangan ini digunakan untuk menyentuh wajah maka dapat memindahkan kuman itu ke bagian mulut lalu terus hingga ke sistem di dalam tubuh.

Punya Riwayat Alergi
Dengan kondisi seseorang memiliki riwayat alergi, biasanya menjadikan demam ini jadi lebih parah. Tidak hanya itu, terkadang alergi juga bisa memicu gejala flu. Maka dari itu, selalu ingat jika demam tidak juga membaik dalam tujuh hari, sebaiknya memang harus memeriksakan ke dokter jika Anda memiliki alergi. (okezone.com/Salimah)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar