Kenali 5 Alasan Wanita Masih Takut Meninggalkan Hubungan Beracun

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Alasan Wanita Masih Takut Meninggalkan Hubungan Beracun
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pasti Anda pernah memiliki teman yang sudah disakit berulang kali oleh pasangannya tapi tidak pernah minta putus dan memilih bertahan sesakit apapun itu. Atau jangan-jangan, Anda sedang atau pernah dalam kondisi hubungan toxic tapi tidak tahu dan tidak mau keluar dari dalamnya? Percayalah, kondisi tersebut tidak menyenangkan dan tidak baik untuk kesehatan mental.

Toxic relationship atau yang lebih dikenal dengan hubungan yang beracun merupakan hubungan yang jelas tidak sehat. Ketika Anda terjebak dalam hubungan tersebut, jelas Anda tidak akan bisa bahagia. Bahkan tidak sehat untuk jiwa Anda dan untuk kehidupan Anda.

Namun, kenapa Anda masih takut untuk meninggalkan padahal sudah jelas Anda menderita di dalamnya? Melansir dari fimela.com dikutip oleh blogs.pscyhcentral.com, ada sejumlah alasan yang membuat seseorang bisa kesulitan meninggalkan hubungan beracun. Alasannya pun bisa berbeda-beda tergantung pada setiap kasusnya.

Sejumlah alasan ini umumnya mewakili berbagai kasus yang dialami wanita yang masih takut untuk membebaskan diri dari pasangan yang hanya membuatnya menderita. Seperti apa alasannya, simak di bawah ini.

Meragukan Diri Sendiri
Anda merasa menjadi pihak yang bertanggung jawab atas perilaku pasangan Anda. Ada perasaan seolah-olah diri Andalah yang paling bertanggung jawab dalam hubungan yang tak sehat ini. Bahkan, Anda masih ragu dengan penyebab utama terjadinya hubungan yang beracun ini. Sehingga sulit untuk meninggalkannya atau membebaskan diri Anda darinya.

Takut Membuat Kesalahan
Ada perasaan takut saat membuat kesalahan, hal ini juga berhubungan dengan perasaan rendah diri. Terlebih pada kasus dengan perasangan yang dari luar tampak ramah dan bersahabat. Tapi, ternyata memiliki sisi gelap yang tidak pernah diduga sebelumnya. Anda merasa seolah hanya akan membuat kesalahan bila melepaskannya karena memiliki pemahaman biasa soal tak ada orang yang sempurna.

Mengkhawatirkan Masa Depan
Anda takut hidup sendirian atau takut akan hidup dalam kesepian hingga akhir hayat. Ada perasaan takut akan seorang diri seumur hidup saat melepaskan pasangan yang ada saat ini. Perasaan takut sendirian ini menjadi hambatan tersendiri untuk terbebas dari hubungan yang beracun.

Merasa Masih Memiliki Kenangan Indah
Ada hari-hari yang tampak indah dalam hubungan beracun meski itu palsu belaka. Hadirnya kenangan yang Anda anggap indah tersebut membuat Anda merasa memiliki alasan untuk mempertahankan hubungan tersebut. Anda merasa seolah masih punya harapan untuk memiliki hari yang indah dan menjadi “buta” akan kenyataan bahwa sebenarnya kita menderita.

Baca Juga: Prosesnya Ngeri! Warga Pamekasan Jalani Sumpah Pocong

Menganggap Perilaku Kasar sebagai Hal yang Wajar
Anda merasa sikapnya atau kata-katanya yang kasar merupakan bentuk atau caranya melindungi Anda, itu alasan yang snagat membahayakan. Mungkin juga Anda merasa memang yang salah sehingga sikapnya yang berlebihan itu dianggap sebagai caranya untuk memperbaiki diri Anda.

Namun, tindak kekerasan baik kekerasan fisik maupun verbal dalam sebuah hubungan tak bisa dibenarkan. Bagaimanapun, kita tetap berhak bahagia dalam menjalin sebuah hubungan. Saatnya untuk membuka mata dan lebih tegas dalam membangun hubungan.

Jangan sampai Anda malah menderita dengan seseorang yang mestinya bisa membuat Anda bahagia bersamanya. Jika kesulitan meninggalkan hubungan yang beracun, jangan ragu untuk segera meminta bantuan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.