Kenali, 5 Kesalahan saat Olahraga yang Menyebabkan Penuaan Dini

Avatar of PortalMadura.com
olahraga
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Melakukan aktifitas berolahraga secara rutin memang bermanfaat bagi tubuh. Bahkan, membuat lebih sehat dan nampak lebih muda. Tetapi beberapa kesalahan cenderung diabaikan dan malah memicu tubuh lebih cepat tua.

Seperti yang dilansir viva.co.id dikutip dari laman Times of India, tidak saja olahraga yang berlebihan yang berbahaya bagi tubuh. Tetapi juga teknik dan beberapa hal lain turut membuat tubuh malah menjadi tak sehat dan cenderung mempercepat penuaan.

Berikut ini ada beberapa kesalahan saat olahraga yang perlu Anda hindari. Seperti apa, yuks simak dibawah ini.

Tidak Memperhatikan Postur Tulang Punggung
Tak peduli seberapa keras berolahraga di gym, kalau Anda tak memperhatikan bagaimana menjaga postur tulang punggung dengan baik, maka semua akan sia-sia. Postur yang buruk atau tulang punggung yang berbentuk kurang baik, dapat memicu nyeri dan masalah kesehatan lainnya.

Terlebih, postur tulang punggung yang buruk memicu tubuh nampak lebih tua. Untuk itu, diharapkan tetap menjaga postur tulang punggung tetap baik agar mencegah penyakit berbahaya lainnya dan penuaan.

Fokus Olahraga Jantung
Beberapa jenis olahraga jantung seperti berlari atau senam cepat, memang tepat untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot lebih ideal. Tapi, kalau terlalu berlebihan dan cenderung jarang melakukannya kembali, otot akan melemah dan perlahan membuat kulit kendor.

Nggak mau seperti itu, kan? Nah, coba untuk tetap rutin membakar lemak dan menjaga kekuatan otot dengan olahraga ringan selama 2 kali seminggu.

Baca Juga: Wakil Direktur RSUD Bangkalan Laporkan Akun Facebook Hosen ke Polisi

Tidak Melakukan HIIT
HIIT atau High Intensity Interval Training dapat membantu memperlambat penuaan. HIIT meningkatkan kadar energi di tubuh dan menjaga metabolisme serta sensitivitas insulin tetap baik. Keseluruhan proses itu dapat mencegah tubuh dari .

Tidak Memperhatikan Olahraga Pelvik
Olahraga pelvik sangat dibutuhkan namun jarang dilakukan. Seiring bertambahnya usia, otot pelvis butuh ditingkatkan untuk mencegah masalah kesehatan yang ditimbul di sekitarnya seperti area perut, ginjal, dan kandung kemih. Kegel menjadi salah satu jenis olahraga mudah dan sederhana untuk meningkatkan kekuatan otot pelvik.

Tidak Melakukan Peregangan
Kata siapa peregangan bukan hal yang penting? Langkah ini sangat krusial karena membantu menstimulasi tegangan dari otot dan sel tubuh. Melangkahi peregangan bisa membuat penuaan dini pada sel yang tidak diberikan stimulasi sebelum berolahraga.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.