Kenali 5 Manfaat Rutin Makan Pare Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali 5 Manfaat Rutin Makan Pare Bagi Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pare adalah salah satu jenis sayuran yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Meski rasanya pahit, cukup banyak masyarakat yang rutin mengonsumsinya karena menganggap pare bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Pare sebenarnya masih satu keluarga dengan labu dan mentimun. Hanya saja, rasanya jauh lebih pahit dibandingkan dengan sayuran-sayuran tersebut. Asalkan diolah dengan cara yang tepat, pare pun bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan.

Bahkan pare seringkali jadi makanan yang dihindari banyak orang. Rasanya yang pahit meski sudah diolah pun membuatnya jauh dari kata populer sebagai makanan enak. Meski begitu, pare memiliki banyak manfaat. Apalagi jika dikonsumsi rutin, Anda pasti tak akan mengira bahwa baik biji dan daging buahnya punya khasiat yang sangat vital untuk kesehatan.

Baca Juga: Terkuak! Air Kolam Renang Tretan Bangkalan Hanya Diganti Satu Tahun Sekali

Jika Anda mengalami gangguan perut atau pencernaan, seperti gastrointestinal, konstipasi atau cacingan, bisa mengonsumsi pare. Selain itu, buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk masalah batu ginjal, diabetes, demam atau penyakit kulit yang disebut psoriasis. Berikut ini adalah keuntungan yang Anda dapatkan bila mengonsumsi pare.

Mengatasi Diabetes
Konsumsi pare membantu Anda mengatasi diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 sebagian besar disebabkan karena ketidakmampuan sel menyerap gula dalam darah. Hal ini bisa terjadi karena sel-sel dalam tubuh tidak peka terhadap insulin atau resistensi terhadap insulin.

Rasa pahit pada pare mampu mengaktifkan enzim kinase tersebut sehingga meningkatkan penyerapan gula. Hal ini kemudian dapat memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Menangani Sembelit
Konsumsi pare sangat baik bagi pencernaan karena mengandung banyak serat. Dengan mengonsumsi pare, tubuh mampu mengeluarkan limbah yang pada akhirnya dapat menangani masalah sembelit.

Menjaga Kesehatan Jantung
Pare juga sangat baik untuk kesehatan jantung. Kandungan di dalamnya membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” yang menyumbat dinding arteri. Tentunya, hal ini akan mengurangi kemungkinan Anda terkena serangan jantung.

Mengontrol Berat Badan
Pare mengandung antioksidan yang membantu memperlancar sistem pencernaan Anda. Ketika metabolisme dan sistem pencernaan meningkat, penurunan berat badan pun akan menjadi lebih mudah serta cepat.

Membersihkan Darah
Sifat antimikroba dan antioksidan pada pare dipercaya mampu mengatasi masalah kulit, kelainan darah, dan mengeluarkan racun dari tubuh. Beberapa masalah kulit yang dapat disembuhkan, antara lain ruam, jerawat, psoriasis, dan bisul.

Tak tahan dengan rasa pahit pada pare? Memang sebaiknya pare disajikan dengan dengan bumbu atau makanan lainnya agar tak terlalu terasa pahit.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.