oleh

Kenali 5 Tanda Anda Punya Kulit Sensitif, Apa Saja?

PortalMadura.Com – Seseorang yang memiliki kulit normal tentu lebih bebas memilih aneka produk perawatan kulit. Akan tetapi, yakin jenis kulit yang dimiliki normal, bukan kulit sensitif?.

Nah, jika Anda merasa ragu dengan jenis kulit Anda, ada beberapa ciri kulit sensitif yang bisa Anda kenali. Anda Penasaran?.

Berikut ini uraiannya:

Terasa Perih dan Terbakar
Produk kecantikan seperti foundation, pelembap maupun tabir surya akan membuat kulit Anda terasa perih, bahkan terbakar. Hal tersebut bisa jadi pertanda buruk, sebagai reaksi dari kulit sensitif.

Bahan kimia yang terdapat di dalamnya menjadi penyebab kulit terasa perih dan terbakar. Reaksi kulit seperti ini sering terjadi pada produk bertekstur gel atau krim. Apalagi jika mengandung alkohol yang kerap ditemukan pada krim anti penuaan.

Sering Ruam dan Memar
Pernah menemukan memar pada kulit?. Jika pernah, kemungkinan besar Anda memiliki kulit sensitif. Memar dan ruam bisa disebabkan oleh kebiasaan mencuci muka yang kurang bersih menggunakan krim atau gel.

Jika Anda ingin menggunakan produk bertekstur krim atau gel, sebaiknya lakukan uji coba di bawah lengan terlebih dahulu. Tunggu seharian, untuk memastikan apakah efeknya berbahaya pada kulit.

Kulit Kemerahan
Kemerahan sangat sering terjadi, bahkan pada kulit yang tidak terlalu sensitif. Ketika tidak nyaman dengan sebuah produk, kulit akan berwarna kemerahan dan berubah menjadi ruam atau memar.

Seseorang yang pernah mengalami hal ini disarankan untuk memakai produk herbal atau natural, dengan bahan kimia sangat minim.

Sering Terasa Gatal
Kalau kulit sering terasa gatal, hal ini bisa jadi tanda kulit sensitif. Biasanya sering terjadi, ketika menggunakan makeup dan skin care yang kurang cocok untuk kulit.

Menggunakan produk berbahan kimia bisa menyebabkan rasa gatal, iritasi dan infeksi. Untuk mencegah efek yang lebih parah, jangan menggaruk kulit terlalu kasar atau sering.

Beruntusan
Tanda yang paling jelas pada kulit sensitif adalah beruntusan. Biasanya, beruntusan disebabkan oleh produksi minyak berlebih akibat kekurangan kelembapan.

Hal tersebut bisa mengisi pori-pori dan menyebabkan komedo, jerawat atau beruntusan. Agar bebas dari hal tersebut, biasanya seseorang akan menggunakan pembersih wajah bertekstur krim untuk kulit berjerawat. (liputan6.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar