Kenali 5 Tanda Organ Pankreas Bermasalah yang Perlu Anda Waspadai

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali 5 Tanda Organ Pankreas Bermasalah yang Perlu Anda Waspadai
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pankreas merupakan organ berbentuk tabung yang terletak di bagian belakang perut. Organ yang satu ini penting dalam tubuh, karena membantu dalam melepaskan cairan dan enzim tertentu yang membantu dalam pencernaan makanan.

Namun, pankreas juga bisa terkena masalah kesehatan, seperti pankreatitis akut atau peradangan pada pankreas hingga kanker. Sayangnya, banyak orang tidak merasakan apa-apa ketika pankreas bermasalah.

Menurut MD dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles, Andrew Hendifar, mengatakan, tingkat harapan hidup pasien kanker pankreas pun sangat rendah karena umumnya ditemukan pada tahap lanjut.

Andrew melanjutkan, sebenarnya ada beberapa tanda ketika pankreas mulai mengalami gangguan. Akan tetapi, gejala yang muncul sering kali diabaikan karena dianggap masalah biasa. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tanda-tanda pankreas Anda bermasalah, agar bisa cepat ditangani.

Berikut lima tanda pankreas bermasalah yang perlu Anda ketahui:

Tinja Berwarna Terang dan Lebih Cair
Jika tinja atau kotoran berwarna terang dan lebih cair, itu tanda buruknya penyerapan gizi. Hal ini tentu berkaitan dengan pankreas.

Pankreas menghasilkan enzim yang membantu seseorang mencerna lemak. Pankreas juga membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak seperti A, E, dan K. Ketika pankreas yang memroduksi enzim itu terganggu, kotoran pun akan terlihat pucat dan lebih cair. Bahkan terkadang kotoran akan sedikit berminyak.

“Itu adalah lemak dari makanan yang gagal dipecah,” kata Andrew.

Nyeri Perut
Nyeri perut adalah salah satu gejala paling umum dari kanker pankreas dan pankreatitis akut. Rasa sakit bisa menjalar hingga ke punggung bagian bawah dan juga menetap selama berminggu-minggu. Itu merupakan gejala kanker pankreas.

Sementara itu, jika rasa sakit datang tiba-tiba dan hanya terpusat di bagian tengah perut, bisa jadi tanda pankreatitis akut.

“Sakit perut memang masalah umum bagi banyak orang sehingga sulit untuk memastikan apakah ada masalah kesehatan serius dari sakit perut. Akan tetapi, jika terasa sangat nyeri dan sering berlangsung, periksalah ke dokter” ujar Ted Epperly dari Family Medicine Residency.

Gula Darah Tinggi
Gula darah tinggi jelas menjadi tanda pankreas bermasalah. Pankreas menghasilkan insulin yang membantu penyerapan gula dalam darah ke sel-sel di tubuh.

Ketika pankreas mengalami gangguan, produksi insulin bermasalah sehingga bisa membuat gula dalam darah menjadi tinggi. Hingga akhirnya, pasien pun terkena diabetes melitus atau kencing manis.

Mual
Mual dan muntah merupakan tanda-tanda yang harus diwaspadai. Terutama jika terjadi setelah makan makanan berlemak.

“Pankreas menghasilkan enzim yang membantu memecah lemak dalam sistem pencernaan. Ketika lemak tak berhasil dipecah, akhirnya bisa memicu rasa mual. Sering kali terjadi setelah makan hamburger, pizza, alpukad dan makanan tinggi lemak lainnya” jelas Andrew.

Penurunan Berat Badan
Waspadai penurunan berat badan padahal Anda tidak sedang menjalankan diet ketat. Penurunan berat badan secara tiba-tiba bisa menjadi tanda banyak penyakit. Akan tetapi, jika disertai rasa nyeri di perut, hingga muntah dan mual, bisa jadi disebabkan oleh terganggunya fungsi pankreas. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.