oleh

Kenali 7 Faktor Penyebab Wajah Anda Berminyak

PortalMadura.Com – Memiliki wajah yang berminyak pasti sangat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kulit wajah jadi mudah berminyak.

Dilansir dari laman Popmama.Com, Senin (4/1/2020) berikut beberapa faktor penyebab wajah Anda selalu berminyak:

Tingkat Stres

Saat stres, produksi hormon kortisol akan meningkat dan bisa berdampak dengan kesehatan kulit wajah karena memicu kelenjar minyak. Produk minyak yang dikeluarkan di wajah disebabkan reaksi tubuh terhadap hormon kortisol. Setelah menyelesaikan sumber permasalahan, kamu bisa sejenak untuk me time. Kalau ada aromaterapi di rumah, kamu bisa nih melakukan meditasi atau relaksasi.

Penggunaan Produk Kecantikan

Ada baiknya Anda bisa lebih memperhatikan kandungan dalam produk kecantikan secara lebih rutin. Anda bisa memilih produk kecantikan yang bebas minyak dan tidak terlalu berat di kulit.

Mengonsumsi Makanan Berminyak

Kandungan minyak tak jenuh yang ada pada gorengan bisa berdampak ke kulit wajah, apalagi jika Anda makan terlalu sering. Selain makanan berminyak, makanan yang pedas juga bisa menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak.

Kondisi Hormon

Pada saat Anda menstruasi, kondisi kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh tidak seimbang alias naik turun. Kondisi inilah yang bisa menstimulasi kelenjar minyak akan berlebih di wajah, sehingga pori-pori kulit mudah tersumbat.

Pergantian Cuaca

Perubahan cuaca ternyata juga bisa berpengaruh ke kulit wajah Anda. Ketika cuaca panas dan matahari terlalu terik biasanya kulit akan lebih cepat berminyak.

Faktor Genetik

Jika Anda memiliki orangtua yang punya jenis kulit berminyak, besar kemungkinan keturunannya pun memiliki jenis kulit yang serupa. Ukuran besar kecilnya kelenjar yang memproduksi kandungan minyak biasanya tidak jauh berbeda dengan milik orangtua.

Konsumsi Obat-obatan

Keseringan minum obat ketika sakit bisa memicu gangguan pada kulit. Efek samping dari obat bisa membuat kulit mengeluarkan minyak berlebih. Penyakit yang Anda alami memang bisa sembuh, namun kondisi minyak di kulit wajah bisa jadi berlebihan karena konsumsi obat.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Popmama.Com

Komentar