oleh

Kenali Cara Cegah Serangan Jantung

PortalMadura.Com – Selain stroke, serangan jantung juga merupakan penyakit paling mematikan. Kendatipun mematikan, tapi penyakit ini masih bisa dicegah dengan gaya hidup sehat, salah satunya dengan tidak merokok.

“Sebanyak 76 persen masyarakat kita masih merokok dan itu bisa memicu pengentalan darah dan sumbatan arteri. Ditambah lagi dengan penyempitan arteri akibat kolestrol,” kata dokter spesialis jantung dan pembuluh darah konsultan, Ade Median Ambari.

Baca Juga: 7 Jenis Makanan Sehat yang Baik untuk Jantung

Loading...

Perlu diketahui, bahwa tubuh memproduksi kolestrol atau lemak darah sebanyak 80 persen setiap harinya. Sementara 20 persen sisanya diperoleh dari makanan sehari-hari. Kolestrol pada dasarnya berfungsi untuk memproduksi hormon tubuh. Nah, supaya lemak tidak menumpuk di pembuluh darah, pastikan rutin berolahraga selama 30 menit dalam sehari.

Selain itu, penyakit bawaan seperti hipertensi dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Kalau tensinya tinggi, jantung akan collapse. Tekanannya akan merusak dinding dalam pembuluh darah, membuatnya jadi semakin tipis dan suatu saat jadi pecah,” ujarnya.

Maka dari itu, tekanan darah tidak boleh berada di atas 140/90. Jangan mengonsumsi garam lebih dari 6 gram dalam sehari. Hindari pula konsumsi seafood dan santan kental.

Lakukan check up ke rumah sakit ketika Anda menginjak usia 40 tahun. Dokter akan melakukan sistem skoring untuk melihat potensi serangan jantung dalam 10 tahun ke depan.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar