oleh

Kenali, Cara Mudah Membedakan Kelenjar Tiroid dan Getah Bening

PortalMadura.Com – Terkadang sebuah benjolan di leher sulit untuk membedakan dan mendeteksi apakah hal tersebut merupakan kelenjar tiroid atau getah bening. Untuk membedakan antara kedua hal tersebut, ternyata bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Pengobatan bagi Pasien Parkinson Tidak Akibatkan Kerusakan pada Ginjal
Benjolan kelenjar tiroid terletak di bagian tengah leher. Kalau pada pria, benjolan kelenjar tiroid terlihat menonjol tepat di bawah jakun.

dr Farid Kurniawan seorang ahli endokrin mengatakan “Ciri khas benjolan tiroid itu benjolan akan bergerak seiring seseorang sedang menelan. Karena kelenjar ini menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan. Pergerakan benjolan pun dari bawah ke atas”.

Berbeda dengan benjolan kelenjar getah bening. Dr Farid menambahkan, kelenjar getah bening tidak menempel pada tulang rawan, yang berfungsi untuk menelan. “Kelenjar getah bening itu terlihat tidak bergerak. Letaknya bisa di samping leher (kiri-kanan leher). Kalau kelenjar tiroid itu sudah pasti letaknya di bagian tengah leher”.

Saran dari Dr Farid adalah lakukan pemeriksaan segera bila terlihat benjolan di leher. Pastikan terlebih dahulu, apakah benjolan itu kelenjar tiroid atau getah bening.

Pembesaran kelenjar tiroid dan getah bening yang dibiarkan dapat berkembang menjadi kanker. Oleh karena itu, jika terjadi masalah, pastikan untuk segera mengobatinya. Selalu konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang lebih akurat dan penanganan yang tepat.(merdeka.com/Nurul)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE