PortalMadura.com

Kenali dan Tips atas Nyeri yang Mendera

  • Jumat, 27 Januari 2017 | 17:15
Kenali dan Tips atas Nyeri yang Mendera
RSI Sultan Agung

PortalMadura.Com – Salah satu problem yang dialami oleh seseorang yang berangsur menua adalah munculnya rasa sakit atau nyeri di sekujur tubuhnya.

Nyeri biasanya terjadi pada sendi yang menanggung beban tubuh, misalnya; sendi panggul dan lutut.

“Akan bertambah nyeri apabila digerakan atau digunakan untuk berjalan,” kata dr Wignyo Santosa, Sp.An ketika simposium penatalaksanaan nyeri muskoloskeletal belum lama ini di RSI Sultan Agung.

Dr Wignyo memaparkan nyeri yang muncul bisa berasal dari kekakuan yang biasanya terjadi pada sendi besar atau pada jari tangan menyebabkan gangguan pada aktivitas sehari-hari.

Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Ada lagi nyeri dikarenakan pembengkakan pada lutut dan siku munculnya cairan dalam sendi.

Baca Juga:  Wow, Tenyata Bercinta Mampu Obati Sakit Flu

Untuk mengatasi kesakitan akibat masalah tersebut, dr Wignyo menghimbau untuk mengatur pola istirahat agar penggunaan beban pada sendi terkurangi.

“Mengurangi berat badan dengan diet dan latihan untuk memperkuat otot-otot. Jika diperlukan, terkadang dilakukan fisioterapi untuk mengurangi nyeri, menguatkan otot dan menambah luas pergerakan sendi,” lanjutnya.

Terakhir, bila hal itu, dirasa belum cukup untuk atasi nyeri, dokter akan memberikan obat analgetik dan anti inflamasi untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan.(rls/har)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional