Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Jenis Pelaku Dosa di Dunia

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Jenis Pelaku Dosa di Dunia
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada dasarnya manusia sebagai makhluk ciptaan Allah SWT tidak akan pernah lepas dari berbagai macam kesalahan dan , baik dosa kecil ataupun dosa besar. Perbuatan dosa ini tentunya akan diminta pertanggung jawaban masing-masing di akhirat.

Menurut agama Islam, setiap dosa yang mereka perbuat akan mendapat ganjaran sesuai dengan kecil atau besarnya dosa yang dilakukan selama di dunia. Nah, neraka menjadi tempat yang disediakan untuk menebus dosa-dosa tersebut. Oleh sebab itu, segala hal yang menghasilkan perbuatan dosa hendaknya dijauhi, karena tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi tanpa disadari juga bisa merugikan orang lain.

Sebagai umat muslim, hendaknya Anda terus berusaha untuk menjauhi perbuatan-perbuatan dosa tersebut agar mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Menurut Imam al-Harits al-Muhassibi ada tiga yang ada di dunia ini. Apa sajakah itu? Berikut informasinya.

Orang yang Selalu Menakut-nakuti Diri untuk Bertaubat
Jenis pelaku dosa yang pertama menurut Imam al-Harits al-Muhassibi adalah orang yang senantiasa menakut-nakuti dirinya untuk bertaubat. Orang yang seperti ini adalah jenis manusia yang peka terhadap segala jenis kesalahan yang dilakukan.

Kepekaannya inilah yang membuat seseorang kemudian akan mengerahkan segala kemampuannya untuk menangis, menyesali perbuatannya dan berbagai upaya agar segera memohon ampun kepada Allah SWT melalui taubat yang sungguh-sungguh.

Orang yang Menyesali Kesalahan dan Dosa yang Dilakukan
Jenis pelaku dosa selanjutnya adalah seseorang yang menyesali kesalahan dan perbuatan dosa yang sudah dilakukannya. Akan tetapi bedanya dari jenis pelaku dosa yang pertama, dia tidak menakut-nakuti dirinya untuk segera melakukan taubat.

Namun keduanya memiliki persamaan yakni senantiasa berupaya untuk melakukan pertaubatan atas sekecil apapun dosa yang dan kesalahan yang pernah mereka lakukan. Baik dosa tersebut dikerjakan dengan sengaja atau tidak, tersembunyi atau secara terang-terangan.

Orang yang Tidak Peka dengan Kesalahan Sendiri
Jenis pelaku dosa yang terakhir dan terburuk adalah mereka yang tidak peka dengan kesalahan yang telah dilakukannya. Orang dengan tipe ini senantiasa melakukan maksiat, bahkan mereka bangga memamerkan perbuatan dosannya tersebut kepada orang lain. (dream.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.