Kenali Jenis Pemanis Buatan Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Jenis Pemanis Buatan Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Ilustrasi (klikdokter.com)

PortalMaduara.Com – Pemanis buatan adalah pengganti gula yang produksi melalui proses kimiawi. Pemanis buatan memiliki rasa manis yang lebih tinggi dibandingkan pemanis biasa atau gula.

Meski mengandung kalori lebih kecil, namun pemanis buatan ini juga berpotensi menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (19/2/2021), berikut beberapa jenis bahan pemanis buatan yang sering digunakan dalam produk makanan dan minuman yang perlu Anda ketahui:

Aspartam

Janis yang satu ini biasa digunakan sebagai pemanis dalam permen karet, sereal sarapan, agar-agar, dan minuman berkarbonasi. Kandungan aspartam terdiri dari asam amino, asam aspartat, fenilalanin, serta sedikit etanol.

Biasanya jenis gula yang satu ini dalam sekali penyajian untuk makanan olahan tidak boleh melebihi 30 mg. Sedangkan untuk minuman, tidak boleh lebih dari 4 mg/10 ml cairan.

Bahan ini biasa digunakan pada produk makanan yang dipanggang atau digoreng. Konsumsi harian sukralosa yang ideal adalah sebanyak 5 mg/kg berat badan. Sukralosa dihasilkan dari sukrosa yang memiliki rasa manis 600 kali lebih kuat dibandingkan gula.

Pemanis ini sangat stabil dalam temperatur tinggi dan mudah larut, sehingga sesuai dipakai dalam banyak produk makanan. Batasan konsumsi harian yang disarankan untuk acesulfame potassium adalah 15 mg/kg berat badan.

Pemanis buatan ini banyak digunakan pada makanan rendah kalori. Secara kimia kandungannya hampir sama seperti aspartam, namun rasanya 40 kali lebih manis dari aspartam.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.