oleh

Kenali Layar Monitor Komputer Anda dan Ini 4 Cara Perawatannya

PortalMadura.Com – Monitor pada komputer merupakan bagian yang penting dalam 1 unit komputer. Monitor bertugas untuk menampilkan semua pesan dan informasi yang dihasilkan oleh CPU.

Secara mendasar, monitor komputer dibagi menjadi dua jenis. Jenis pertama adalah model lama seperti televisi zaman dulu, dan kedua adalah yang terbaru dengan model datar.

Bagi Anda yang memiliki komputer, Anda harus merawatnya dengan baik. Berikut penjelasan mengenai layar komputer Anda dan cara merawatnya:

Tipe Layar Monitor:

Monitor CRT
Cathode Ray Tube (CRT) memiliki bentuk mirip dengan televisi zaman dulu. Model ini memancarkan elektron ke layar berpendar untuk menghasilkan gambar. CRT Sering digunakan sebagai istilah umum untuk monitor komputer.

Monitor CRT terkadang digambarkan oleh pengiklan sebagai “Flat Screen” monitor. Namun bukan berarti layar datar tersebut dinamakan CRT. Untuk kebanyakan monitor, bagian CRT telah dihapus dan tidak lagi dijual pada komputer jenis baru.

Monitor Flat Panel
Monitor dengan model datar ini merupakan evolusi terbaru yang dimiliki komputer. Ada banyak perkembangan teknologi menakjubkan sepanjang waktu, tetapi ide dasarnya hampir sama. Tidak hanya untuk komputer, tetapi monitor bermodel datar ini juga digunakan pada televisi.

Perawatan untuk monitor Anda:

Hindari Makan dan Minum
Jangan makan maupun minum di depan komputer Anda. Monitor bereaksi dengan cepat terhadap cairan atau remah-remah makanan. Hal ini bisa menyebabkan layar Anda cepat rusak.

Jangan Menekan Layar
Jangan lakukan hal ini, apalagi layar komputer Anda bermodel flat panel. Layar komputer tidak terbuat dari kaca, melainkan plastik dan Anda bisa merusaknya.

Pada model CRT, mungkin Anda tidak akan merusak layar yang terbuat dari kaca tersebut, namun tangan Anda akan meninggalkan bekas noda yang menyebalkan.

Jauhkan Magnet dari Monitor
Bukan rahasia lagi bila magnet akan merusak barang-barang elektronik. Sebaiknya jauhkan bentuk magnet apa pun dari semua barang elektronik Anda.

Gunakan Tisu
Bila layar Anda kotor, bersihkanlah menggunakan permukaan yang lembut, seperti handuk atau tisu. Jangan gunakan pembersih atau pun cairan yang basah. (liputan6.com/Salimah)


Komentar