Kenali Manfaat Lain dari Kurma Ajwa yang Istimewa

Avatar of PortalMadura.Com
Kenali Manfaat Lain dari Kurma Ajwa yang Istimewa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kurma merupakan salah satu makanan favorit Rasulullah SAW. Kandungan yang terdapat dalam kurma memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu kurma yang istimewa yang berbeda dengan yang lain yaitu atau yang biasa disebut dengan kurma nabi. Dan tahukah Anda bawa kuma tersebut dapat menangkal sihir. Kurma ajwa memiliki warna lebih gelap dan memiliki tekstur yang lembut.

Menurut Islam, kurma ajwah ini dapat menangkal sihir sebagaimana terdapat dalam hadis dari Sa'ad bin Abi Waqqashradhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Siapa yang makan tujuh kurma dari daerah ini (Madinah) ketika pagi, maka tidak akan terkena bahaya racun, sampai sore harinya.” (HR. Muslim 2047).

Namun, tidak lantas ketika kita memakan ini langsung bisa terhindar dari gangguan sihir tersebut. Waktu yang baik untuk mendapat manfaat tersebut yaitu makan di pagi hari sebanyak tujuh buah kurma ajwa. sebagaimana dijelaskan dalam hadis;

“Siapa yang sarapan dengan 7 kurma ajwah, maka racun dan sihir tidak akan membahayakannya di hari itu.” (HR. Bukhari 5779 dan Muslim 2047).

Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani rahimahullaah menukilkan perkataan Imam Al-Khathabi tentang keistimewaan kurma Ajwah: “Kurma Ajwa bermanfaat untuk mencegah racun dan sihir dikarenakan doa keberkahan dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam terhadap kurma Madinah bukan karena zat kurma itu sendiri”

Hadis tersebut mempunyai banyak sekali kandungan faedahnya, sebagaimana yang dituturkan oleh Al-Imam Ibnul Qayyim rahimahullaah dalam kitabnya ‘Ath-Thibb An-Nabawi' : “Al-Maf'uud adalah sakit yang menyerang bagian liver (hati)”. Dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini (dengan izin Allah), terutama sekali kurma dari Madinah, khususnya jenis Ajwa. (Pembatasan pada) jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat yang hanya diketahui rahasianya oleh Allah.

Masya Allah sungguh istimewa kurma ajwa ini bukan. Semoga informasi di atas bermanfaat.(ummi-omline.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.