Kenali Penyebab Kulit Kering dan Hilangnya Kelembapan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Penyebab Kulit Kering dan Hilangnya Kelembapan
Ilustrasi (Netralnews.com)

PortalMadura.Com – Salah satu penyebab yang bisa menimbulkan penuaan di kulit yaitu hilangnya . Walaupun tidak secara langsung mengubah keadaan kulit, namun kurangnya kelembapan akan menimbulkan garis-garis halus dan keriput.

Tidak hanya itu, hilangnya kelembapan juga bisa membuat seseorang terlihat lebih tua. Lantas, kenapa kulit bisa mengalami hal tersebut dan bagaimana cara mencegahnya?.

Untuk mengetahui jawabannya mari simak penjelasan berikut ini:


Hilangnya kelembapan kulit bisa disebabkan oleh bertambahnya usia dan kulit dehidrasi. Seiring bertambahnya usia, fungsi kelenjar kulit menurun sehingga menghasilkan kadar lipid alami yang lebih rendah.

Selain itu, tingkat ceramide (senyawa alami yang ada di lapisan luar kulit) juga berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini memengaruhi kapasitas pengikatan air pada lapisan kulit.

Kulit juga menjadi lebih rentan terhadap cedera dari zat kimia dan sulit untuk sembuh, sehingga menyebabkan kelembapan kulit hilang lebih banyak daripada kulit yang sehat.

Kulit yang mengalami dehidrasi berarti kekurangan kadar air. Kulit dehidrasi menganggu fungsi kulit normal, sehingga menghasilkan sel-sel kulit yang tidak merata dan menumpuk di permukaan kulit, dan tampak kasar dan kusam.

Baca Juga : Ladies, Ini 5 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Kulit Kering

Kelembapan kulit juga lah yang mempertahankan elastisitas stratum korneum (lapisan atas sel kulit), terbuat dari sel kulit mati. Sel ini mengambil air dari faktor pelembap alami, asam amino, dan molekul yang menyerap air dari udara dan menguncinya di dalam sel.

Dalam iklim yang kering, sel-sel ini membuat lebih banyak pelembap alami untuk tetap melembapkan kulit. Namun, jika lapisan ini mengering, kulit menjadi kencang dan rentan menjadi pecah-pecah.

Selain itu, kulit dehidrasi dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, warna kulit yang tidak merata, lingkar bawah mata yang lebih gelap, mata cekung, dan munculnya garis-garis harus atau kerutan di wajah.

Perbedaan Kulit Dehidrasi dan Kulit Kering
Kulit yang mengalami dehidrasi bisa tampak kering, tetapi bukan berarti memiliki jenis kulit kering. Kulit dehidrasi dan kulit kering adalah dua hal yang berbeda.

Kulit dehidrasi adalah kulit kekurangan air, sementara kulit kering tidak memiliki minyak alami (sebum). Ketika Anda memiliki kulit kering, kelenjar sebasea (kelenjar minyak) tidak menghasilkan minyak alami yang cukup.

Selain itu, kulit kering adalah salah satu jenis kulit, sementara dehidrasi adalah suatu kondisi kulit. Kulit kering juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti hipotiroidisme.

Baca Juga : Setop Lakukan 3 Hal Ini Jika Anda Punya Masalah Kulit Kering

Jenis kulit dibedakan menjadi kulit normal, kering, kombinasi, dan berminyak. Anda biasanya lahir dengan satu jenis kulit, tapi ini dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia dan pergantian musim. Kulit Anda biasanya membutuhkan bantuan dengan menambahkan hidrasi melalui krim untuk melindungi dari kehilangan kelembapan lebih lanjut.

Tips Menjaga Kelembapan Kulit
Kelembapan kulit bisa tetap terjaga dengan baik jika Anda mengatur pola hidup lebih sehat dan memerhatikan kesehatan kulit Anda. Mengisi hidrasi tubuh dengan banyak minum air adalah cara untuk mencegah terjadinya dehidrasi kulit dan kehilangan kelembapan kulit. Anda bisa mulai dengan minum delapan gelas air per hari.

Tergantung pada berat badan dan tingkat aktivitas Anda, Anda mungkin perlu minum lebih banyak dari ini. Tanyakan pada dokter berapa jumlah yang tepat untuk Anda.

Penting juga untuk tidak minum terlalu banyak air, karena ini dapat menyebabkan hilangnya mineral. Makan sayuran dan buah-buahan yang kaya air juga dapat membantu meningkatkan asupan Anda. Selain itu, Anda juga dapat menjaga kelembapan kulit dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup berikut ini:

– Batasi minum alkohol
– Batasi minum kopi dan sumber kafein lainnya
– Berhenti merokok
– Olahraga teratur
– Isi ulang cairan tubuh setelah olahraga
– Tidur dan istirahat yang cukup
– Konsumsi sumber makanan nabati lebih banyak, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan.

Hilangnya kelembapan kulit dapat membuat kulit menjadi kering. Untuk menghindari hal ini, Anda juga bisa mengoleskan pelembap kulit yang cocok untuk kulit Anda.

Pelembap kulit bisa ditemukan dalam bentuk krim atau lotion. Pilihlah krim yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.