oleh

Kenali, Tips Membuat Bakso Agar Bentuknya Bagus

PortalMadura.Com – Mungkin terlihat sepele, tapi bagi beberapa orang khususnya pemula, membuat bakso bulat sempurna bukan pekerjaan mudah. Padahal daging giling ini harus punya bentuk bulat untuk bisa disebut bakso.

Bakso adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia. Bakso yang empuk dan berpadu sempurna dengan kuah dengan rasa kaldu yang nendang pasti selalu berhasil memanjakan lidah kita semua. Nah, bisa banget lho mencoba membuat sendiri bakso yang enak di rumah.

Berikut ini akan coba hadirkan beberapa tips untuk membuat bakso yang enak, empuk, dan bagus bentuknya. Agar adonan teksturnya bagus, coba tambahkan es batu bersamaan dengan bumbu. Es batu yang digunakan haruslah bertekstur halus.

Jika ingin lebih mudah, pakai air es saja. Saat membentuk bola, mencelupkan sendok ke air panas bisa membantu untuk meraup pasta dan membuat bentuk bola lebih baik. Ingin bakso yang kenyal, coba tambahkan bahan pengenyal seperti baking soda atau baking powder, putih telur, dan STP.

Beberapa orang akan langsung merebus bakso setelah dicetak. Ini akan membuat bakso jadi lembek. Cara agar tak lembek adalah celupkan bakso yang baru dibentuk dalam air hangat dulu. Setelah itu baru masak dengan api kecil sampai bakso matang.

Sebaiknya tidak memasak bakso dalam api mendidih karena akan menyebabkan teksturnya menjadi lembek. Saat bakso sudah matang langsung celupkan ke dalam air es. Hal tersebut bertujuan untuk menghentikkan proses memasak pada bakso. Bakso bakal lebih kenyal. Selamat mencoba ya.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar