Kenali Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem Depan

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Waktu yang Tepat Ganti Kampas Rem Depan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang punya fungsi untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda pada kendaraan bermotor. Menjadi komponen yang vital, maka pemilik kendaraan harus selalu memerhatikan kondisi kampas rem. Hal tersebut penting dilakukan agar kinerja kampas rem tetap maksimal.

Apalagi, pergantian kampas rem ini tidak bisa ditentukan dengan menggunakan panduan jarak tempuh. Kampas rem bisa lebih cepat habis dan juga awet. Hal ini tergantung dari gaya berkendara pemilik motor dan kondisi jalan yang dilalui, seperti dilansir dari Liputan6.com, Rabu (16/10/2019).

Baca Juga: 4 Cara Bedakan Kampas Rem Ori Atau KW

Lantas, bagaimana cara mengetahui waktu yang tepat mengganti kampas rem depan?. Pertama, pemilik kendaraan bisa melihat posisi kampas rem yang menjepit piringan apakah masih lebar atau tidak. Jika masih lebar Anda tidak perlu menggantinya karena kondisi kampas rem masih bagus. Akan tetapi, bila kampas rem depan sudah tipis sebaiknya segera ganti demi keselamatan pengendara.

Selain dengan cara melihat, pengendara juga bisa merasakan saat mengendarai motor. Jika terdapat suara yang timbul di area cakram saat tuas rem ditekan, tandanya komponen ini harus segera diganti.

Pasalnya, jika kampas rem depan sudah tipis dan tidak segera diganti, dampak buruk pada piringan cakram akan terjadi. Bila dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, maka piringan cakram akan terkikis dan membuat cakram bisa pecah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.