4 Cara Bedakan Kampas Rem Ori Atau KW

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Bedakan Kampas Rem Ori Atau KW
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan komponen yang memiliki peran vital dalam menjaga keselamatan pengendara. Untuk itu, menjaga keawetan komponen ini atau memeriksa waktu pergantiannya memang penting dilakukan.

Nah, ketika komponen yang satu ini perlu diganti, sebenarnya Anda tidak harus selalu membeli suku cadangnya di bengkel. Anda pun bisa membeli di luar toko resmi, namun perlu hati-hati dan wajib diteliti terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli kampas rem.

Pasalnya, sekarang ini masih marak pedagang nakal yang menjual spare part KW atau palsu. Untuk itu, jika Anda tidak teliti dalam membelinya, Anda sendiri yang akan dirugikan.

Selain itu, bila Anda membeli kampas rem yang tidak asli, bisa menimbulkan sejumlah masalah. Salah satunya, merusak disc brake dan membuat pengereman tidak pakem. Sehingga, hal ini tentu bisa membahayakan Anda dan orang lain.

Agar Anda tidak tertipu, perhatikan empat hal ini untuk membedakan kampas rem asli atau palsu, melansir dari laman liputan6.com, Senin (8/7/2019):

Harga Murah

Membedakan barang asli atau palsu, pertama bisa dilihat dari harganya. Sebab, banyak konsumen yang tergiur untuk membeli barang tersebut karena harganya yang murah. Tentu saja barang asli dan tiruan selalu punya jarak harga yang cukup jauh. Kedatipun tidak semua barang murah adalah KW, tapi jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Kemasan

Membedakan kampas rem asli atau KW bisa dilihat dari kemasannya, hal ini pun sama halnya dengan membedakan oli asli atau palsu. Pastikan hologram yang menempel itu asli.

Biasanya, hologram akan membentuk gambar logo penyedia spare part tersebut. Sedangkan spare part KW, meskipun memiliki hologram tapi tidak menunjukkan logo. Selain itu, cermati pula identitas pada bungkusnya. Kendatipun tertera logo perusahaan tapi tidak ada alamatnya, maka itu patut dicurigai.

Baca Juga: Kenali 3 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Diganti

Kode Produksi

Pada umumnya kampas rem yang dibuat oleh pabrikan resmi akan memiliki kode produksi. Biasanya, kode produksi tersebut berupa angka atau kombinasi angka dan huruf. Jika Anda tidak menemukan kode produksi pada kemasan kampas rem, maka segera minta diganti.

Tekstur Kampas Rem

Mengenali detail tekstur kampas rem juga menjadi salah satu cara untuk membedakan kampas rem asli atau KW. Kampas rem asli memiliki tekstur padat, namun jika terasa rapuh, itu bisa menjadi indikasi bahwa kampas rem tersebut tidak ori.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.