Kenali Waktu yang Tepat Konsumsi Buah

Avatar of PortalMadura.com
Kenali Waktu yang Tepat Konsumsi Buah
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan makanan sehat yang disukai banyak kalangan. Kendati demikian, mengonsumsi buah juga harus sesuai aturan. Beberapa ahli pun merekomendasikan untuk memakan buah berdasarkan waktunya. Mengapa demikian?.

Sebab, buah mengandung vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Efek positif dan negatif pun bisa didapat dari makanan tersebut, tergantung dari Anda mengonsumsinya.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi buah-buahan. Berikut ini uraiannya:

Pagi
Pagi hari dianggap sebagai saat terbaik untuk mengonsumsi buah-buahan. Hal tersebut karena gula alami di dalamnya akan terserap dengan cepat dan memberikan tubuh nutrisi yang dibutuhkan.

Sebagai Makanan Ringan
Buah juga bisa menjadi makanan ringan yang terbaik. Ketika dimakan sebagai camilan, mereka menghentikan Anda dari mengonsumsi makanan sampah. Ini juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Camilan Sebelum dan Sesudah Latihan
Mengonsumsi buah sebelum berolahraga juga baik dilakukan. Hal ini karena Anda membutuhkan energi untuk melakukan latihan. Makan buah bisa membantu mendapatkan energi yang dibutuhkan.

Setelah sesi olahraga, tubuh akan kehilangan energi dan Anda bisa mengonsumsi buah sebagai camilan. Hal ini pun karena buah-buahan merupakan makanan yang rendah kalori, tinggi mineral, dan serat, yang membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain waktu-waktu di atas, ada beberapa saat di mana Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi buah-buahan.

Tepat Sebelum Tidur
Gula dalam buah dapat membuat Anda terjaga dan sulit beristirahat. Dianjurkan, konsumsilah makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur. Hal ini juga berlaku untuk buah-buahan.

Tepat Setelah dan Sebelum Makan Besar
Anda harus mempertahankan antara asupan buah dan makanan utama. Beberapa buah bisa menyebabkan gangguna pencernaan jika dikonsumsi sebelum makan. Selain itu, Anda juga tidak mendapatkan semua nutrisi darinya.

Sementara itu, pasien diabetes paling tidak harus menunggu satu jam sebelum makan dan dua jam setelahnya untuk mengonsumsi buah.

Bersama dengan Makanan
Konsumsi buah dengan makanan lain bisa memperlambat proses pencernaan. Itu berarti buah tertahan lebih lama di perut dan terjadi fermentasi. Apalagi, buah-buahan yang kaya serat bisa dicerna lebih lambat dan membuat proses lebih panjang lagi. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.