Kenalkan Sejarah Pabian Lewat Festival ‘Jaga Jaggur’

Penulis: HartonoEditor: Hartono
Kenalkan Sejarah Pabian Lewat Festival 'Jaga Jaggur'
Festival Jaga Jaggur (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah Desa Pabian bersama Komunitas Kopi Sumenep dan Sumenep Tempo Dulu (STEDU) menggelar Festival Jaga Jaggur.

Kegiatan Festival ‘Jaga Jaggur’ itu, digelar sejak Senin-Rabu (15-17/8/2022), bertempat di plataran Kantor KONI Sumenep, Madura, Jawa Timur.

“Melalui Festival Jaga Jaggur ini, salah satunya ingin mengenalkan sejarah Desa Pabian,” terang Kepala Desa Pabian, Sumenep Zulfikar Ali Mustakim, Selasa (16/8/2022).

Menurutnya, di Desa Pabian merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian masa lalu.

Salah satunya rumah asisten yang saat ini menjadi gedung RRI, dan ada Alun-Alun Panglegur, saat ini difungsikan menjadi Stadioan A Yani, Sumenep.

“Yang juga cukup bersejarah adalah Klenteng yang ada di Desa Pabian,” katanya.

Selain itu, Festival Jaga Jaggur juga sebagai titik awal kebangkitan UMKM Sumenep dalam upaya peningkatan potensi usaha lokal berwawasan kearifan lokal.

Beragam kegiatan disajikan, kegiatan utamanya yakni UMKM lokal yang menghadirkan 8 brand clothing & marchandise, serta 16 brand food and beverage.

Selain menghadirkan kegiatan pameran brand lokal. Pihak panitia akan menggelar Pabian Heritage Distric (PHD) yakni sebuah acara yang didasarkan pada sejarah Desa Pabian yakni saksi bisu perubahan Sumenep mulai dari era kolonial, pendudukan Jepang hingga masa awal kemerdekaan.

Dalam Pabian Heritage Districk (PHD) tersebut, dikemas Heritage Talk yakni ajang diskusi untuk menyelami lebih lanjut sejarah Desa Pabian dan peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Desa Pabian dari waktu ke waktu.

Selain itu akan ada Heritage Track, sebuah acara yang akan mengajak para peserta mengenal bangunan-bangunan bersejarah di Desa Pabian dalam bentuk City Tour.

Tidak hanya mengenalkan bangunan bersejarah yang ada di Desa Pabian, namun peserta akan diajak melihat sejarah dan perubahan fungsi bangunan bersejarah yang terdapat di Desa Pabian.

Diharapkan dengan acara ini, dapat meningkatkan potensi pengusaha lokal dan potensi ekonomi daerah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.