Kenapa Bayi Gigit Puting saat Menyusu? Ketahui 4 Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Kenapa Bayi Gigit Puting saat Menyusu? Ketahui 4 Penyebabnya
Ilustrasi (Diadona.id)

PortalMadura.Com – Ibu hamil akan mengalami kekhawatiran saat melahirkan. Namun setelah usai melahirkan akan ada kekhawatiran baru yaitu menyusui si kecil. Banyak sekali ibu yang khawatir ASI tidak keluar, bengkak, hingga kesakitan karena bayi kerap kali menggigit puting susu mama saat sedang menyusu.

Saat bayi menggigit puting susu akan membuat ibu kesakitan. Maka bagi setiap ibu untuk tidak gegabah mengambil keputusan menghetikan proses menyusui. Sebaiknya para ibu mengetahui terlebih dahulu penyebab bayi menggigit puting.

Saat Anda mengetahui penyebab bayi sering kali menggigit puting maka Anda akan lebih memahami bayi Anda. Dilansir dari laman Popmama.com, Selasa (5/1/2021) berikut alasan seorang bayi menggigit puting saat menyusu:

Bayi Sudah Selesai Menyusu

Bayi menggigit puting susu pastinya memiliki alasan. Bayi yang sedang aktif menyusu tidak akan menggigit namun jika bayi mulai menggigit biasanya karena bayi tersebut sudah tidak merasa lapar lagi dan sudah bosan. Oleh karena itu ibu harus memerhatikan isapan bayi. Jika isapan sudah melemah dan si kecil sudah menarik lidahnya ini adalah tanda akhir bayi sudah selesai menyusui. Sebaiknya ibu segera melepaskan isapan bayi sebelum puting menjadi mainan dan di gigit oleh si kecil.

Baca Juga:  Temui Paskibraka, Bupati Sumenep Ingatkan Fokus Latihan dan Jaga Kesehatan

Mulai Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi pada bayi akan membuat gusi terasa sakit dan bengkak. Hal ini yang mungkin membuat bayi tidak nyaman saat mengisap. Jika bayi Anda sudah mulai tumbuh gigi sebaiknya berikan mainan alih-alih menyusui. Mainan yang biasa diberikan pada bayi yang mulai tumbuh gigi seperti waslap dingin atau teether.

Terdistraksi Sekitar

Saat Anda menyusui bayi mungkin saja bayi terdistraksi dengan apa yang sedang terjadi di sekitar. Biasanya karena anak kecil berlarian, adanya kartun animasi yang menarik, dan kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Untuk mengetahu si bayai terdistraksi atau tidak dengan cara memerhatikan fokus si bayai. Jika bayi mulai memalingkan kepalanya dari payudara mungkin saja bayi tertarik dengan hal yang terjadi di sekitar. Jika hal ini terjadi maka buka isapan bayi dan lihat apakah bayi masih ingin menyusu atau tidak. Jika bayi masih memberikan respon untuk menyusu maka cari tempat yang tenang dan minim distraksi untuk melanjutkan sesi menyusu.

Baca Juga:  Jurnalis di Sumenep Belajar Cek Fakta

Tertidur

Sering kali bayi tidur sambil menyusu. Hal ini membuat kekhawatiran tersendiri bayi seorang ibu. Pastinya ibu akan takut bayi tanpa sadar menggigit puting si ibu hingga menyebabkan terluka. Jika bayi Anda menyusu sambil tertidur maka jangan langsung lepas isapan bayi tersebut. Bayi yang sudah nyenyak tidur akan membuka dengan sendirinya isapan bayi.

Butuh Lebih Banyak atau Minum Terlalu Banyak ASI

Permasalahan umum yang sering dialami oleh seorang ibu yaitu tidak keluarnya ASI atau hanya keluar sedikit sehingga bayi akan mengisap dengan kuat puting susu. Karena bayi sudah merasa haus dan kelaparan. Sebaiknya pijat dengan lembut payudara Anda dan konsumsi makanan yang dapat memperlancar ASI.

Baca Juga:  Lucu, Unik dan Seru, Filosofi Lomba Estafet Sarung Ibu-Ibu PKK Sumenep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.