Kenapa Darah Haid yang Keluar Menggumpal? Ini Alasannya

Avatar of PortalMadura.com
Kenapa Darah Haid yang Keluar Menggumpal? Ini Alasannya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua wanita pasti mengalami menstruasi dan darah yang keluar saat haid biasanya tidak selalu cair. Terkadang justru menggumpal dan warnanya lebih gelap.

Banyak perempuan yang khawatir saat melihat munculnya gumpalan-gumpalan kecil pada . Tidak sedikit pula yang bertanya-tanya tentang darah itu. Mengapa bisa demikian? Apakah itu sesuatu yang wajar atau berbahaya?.

Menurut praktisi kesehatan dan anggota American Sexual Health Association, Susan Wysocki mengatakan, bahwa penggumpalan darah menstruasi adalah wajar.

“Tubuh kita mengatur darah yang keluar saat menstruasi menggumpal dengan bantuan kimia internal agar perempuan tidak mati kehabisan darah,” katanya.

Biasanya, zat kimia anti penggumpalan di tubuh akan keluar untuk menangkal penggumpalan darah. Namun pada kondisi menstruasi berat, tidak semua dinding rahim hancur sehingga menyisakan gumpalan jaringan.

“Keluar dan tidaknya gumpalan darah saat menstruasi tergantung reaksi kimia di dalam tubuh seorang perempuan. Tapi, ini adalah kondisi umum yang bisa ditemui perempuan, terutama saat pertama kali menstruasi dan sebelum menopause,” katanya.

Lebih lanjut, Wysocki menambahkan, gumpalan darah yang keluar juga bisa menunjukkan masalah pada kesehatan perempuan. Di antaranya adalah akibat adanya infeksi, fibroid rahim, tumor jinak, atau keguguran. Oleh karena itu, untuk memastikan perubahan tidak wajar atau ketidaknyamanan tersebut Anda disarankan untuk pergi ke dokter. (detik.com/Putri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.