Kenapa Kulit Lebih Gelap Saat Hamil? Ketahui Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.com
Kenapa Kulit Lebih Gelap Saat Hamil? Ketahui Penyebabnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Momen kehamilan menjadi saat-saat yang membahagiakan bagi kaum perempuan. Tidak hanya indah, momen tersebut juga sangat mendebarkan bagi kebanyakan calon ibu. Karena, sebagian dari mereka menganggap bahwa ia telah menjadi wanita seutuhnya.

Tidak heran, dalam kesehariannya mereka harus lebih berhati-hati, baik dalam menjaga pola makan ataupun menjaga tubuhnya agar tetap cantik. Namun, ada saja yang kerap mengganggu penampilannya selama . Misalnya, kulit mudah gatal, kulit mudah berwarna gelap hingga kulit mudah kering serta bersisik.

Umumnya, kulit yang akan lebih kering, bersisik dan mudah berwarna gelap adalah kulit leher, perut, dahi, tulang pipi, ketiak, garis rahang serta area genital. Lantas, kenapa ini bisa terjadi?.

Keadaan kulit mudah gelap saat hamil sendiri disebut sebagai Melasma atau Chloasma. Hal ini diungkapkan oleh para peneliti sebagaimana berikut,

“Pigmentasi warna kulit sering terjadi di dahi, hidung, tulang pipi, ketiak dan leher. Faktor utama dari kondisi ini adalah tubuh mengeluarkan banyak melanin selama hamil dan meningkatkan risiko kulit mudah berwarna gelap atau kusam. Meski pigmentasi ini bersifat sementara, paparan sinar matahari bisa menambah bercak atau kegelapan kulit yang ada” katanya.

“Hindari terpapar sinar matahari dalam waktu lama agar tidak memperparah Melasma. Hindari juga penggunaan produk kecantikan dengan kandungan bahan kimia keras karena kulit akan lebih sensitif selama kehamilan. Bukannya mempercantik, penggunaan produk kecantikan tidak jarang justru merusak kulit dan berbahaya bagi kesehatan janin,” tambah mereka.

Ladies, itulah alasan kenapa kulit mudah gelap selama kehamilan. Semoga informasi ini bermanfaat ya. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.