Kepergok Anak Saat Bercinta, Bagaimana Cara Atasinya?

Avatar of PortalMadura.com
Kepergok Anak Saat Bercinta, Bagaimana Cara Atasinya?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kepergok anak saat biasanya akan membuat sebagian orang tua merasa bingung harus berbuat apa. Tidak sedikit dari beberapa orang yang mengumpat atau mengutarakan kata-kata kasar pada anak lantaran datang sembarangan.

Perlu Anda tahu, bahwa sikap itu tidak baik juga pada anak. Karena, anak Anda mungkin tidak sengaja melihat atau mendengar aktivitas Anda itu. Jadi, apa yang sebaiknya harus dilakukan?.

Menurut Dr. Richard Horowitz, The Family Centered Parenting Coach dan penulis Family Centered Parenting: Your Guide for Growing Great Families, cara mengatasi hal tersebut tergantung pada dua hal. Pertama adalah usia anak tersebut dan kedua adalah apa yang pernah dibicarakan orang tua tentang bercinta kepada anak tersebut.

Nilai-nilai dalam sebuah keluarga juga menjadi hal penting untuk disoroti, bagaimana dan kapan Anda menjelaskan hal tersebut. Untuk anak-anak usia 3 sampai 5 tahun, jelaskan bahwa bercinta adalah hal yang dapat mendekatkan satu sama lain, tidak lebih dari itu.

Jika anak terlihat takut dan Anda terkejut, katakan bahwa Anda terkejut. Sedangkan untuk anak Anda yang berusia di atas 5 tahun, penjelasan bahwa bercinta merupakan hal yang sangat normal bagi dua orang yang saling mencintai.

Mulailah berbicara tentang bercinta kepada anak Anda sedini mungkin. Pertama, jelaskan tentang faktor biologis dan bagian-bagian tubuh pada anak usia 3 dan 4 tahun.

Untuk anak-anak berusia 7 tahun, sangat penting untuk mulai membicarakan tentang bercinta, karena bagian kognitif otak mereka telah berubah. Saat terbaik untuk memahami hal-hal yang sedikit lebih dewasa.

Hal terpenting di sini adalah orang tua harus menanamkan nilai-nilai keluarga yang kuat, sehingga berbicara jujur bukan hal yang sulit dan bercinta juga bukan hal yang tabu. Satu kesalahan yang paling sering Anda lakukan di saat seperti ini adalah merasa khawatir dan buru-buru membentak anak untuk keluar dari ruangan, benar?.

Anggaplah ini sebagai gangguan, namun bukan gangguan bercinta. Ingatlah, bahwa mereka tidak memiliki ikatan ingatan atau pengalaman sebelumnya.

Tenanglah, memergoki Anda sedang bercinta dengan pasangan tidak akan mengacaukan hidup anak-anak selamanya. Dengan segala kecanggihan teknologi yang ada, Anda sebagai orang tua memang harus lebih proaktif. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.