oleh

Kerugian Kebakaran Gudang Serabut Kelapa Capai Rp 2 Miliar

 

PortalMadura.Com, Sumenep – Kerugian kebakaran gudang serabut kelapa milik PT Korma Jaya, Minggu (25/7/2021) mencapai Rp 2 Miliar.

“Tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian material sebesar satu miliar rupiah,” terang Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S.

Gudang tersebut milik Byongun Kwak (55) warga negara Korea Utara, berada di Dusun Pandian, Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Jatim.

“Penyebab kebakaran diduga akibat konsleting listrik,” terang Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti S.

Pemadam kebakaran mengalami kendala ketersediaan air serta proses pemadaman lambat karena api menjalar ke dalam tumpukan serabut kelapa sehingga air sulit menembusnya.

Sebelumnya, api diketahui oleh salah seorang pekerja di luar gudang dan berteriak keras.

Dua pekerja lainnya, Surahmo dan Rahem yang sedang melakukan pengepakan serabut kelapa di dalam gudang, mendengar suara teman kerjanya tersebut.

“Keduanya (pekerja) spontan menoleh ke arah belakang dan melihat kabel listrik dari arah panel menuju mesin pengepakan dalam gudang kondisi terbakar,” katanya.

Sebagian kabel tersebut terdapat tumpukan serabut kelapa sehingga dengan cepat api menjalar hingga bangunan ludes terbakar.

seluruh tumpukan serabut kelapa dan bangunan gudang yang terbuat dari bambu ludes terbakar api.

Empat unit pemadam kebakaran tiba di lokasi. Namun, mengalami kesulitan untuk memadamkan api.

“Pada proses pemadaman agak lambat karena api menjalar ke dalam tumpukan serabut kelapa sehingga air sulit menembusnya,” katanya.(*)

Komentar