Ketahui 5 Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui 5 Cara Mendidik Anak Agar Berani Menyampaikan Pendapat
Ilustrasi (idntimes.com)

PortalMadura.Com – Anda sebagai orang tua tentunya ingin melihat anak tumbuh pintar dan sukses. Hal itu bisa diraih dari cara mendidik Anda sejak kecil. Berani merupakan contoh kemampuan yang berguna bagi masa depan anak.

Berikan kebebasan anak dalam berkreasi dan berpikir positif untuk memudahkan anak mengembangkan kemampuannya. Dilansir dari laman Popmama.Com, Rabu (7/7/2021), berikut ini cara agar berani menyampaikan pendapat.

Berikan Kebebasan Pada Anak untuk Berkreasi Dalam Melakukan Sesuatu

Cara pertama agar anak berani berkreasi adalah dengan membebaskannya berkreasi sejak kecil. Anda dapat bertanya pada anak, hal apa yang ia sukai terlebih dahulu, atau hal apa yang ingin ia pelajari. Jangan batasi atau melarang anak saat melakukan sesuatu yang menurut dia menyenangkan.

Tidak Membatasi Anak, Cukup Arahkan Pada Jalur yang Benar

Saat anak memilih apa yang ia sukai, berikan masukan dan arahkan imajinasinya agar tetap positif dan pada jalur yang benar. Anda juga bisa mengajarkan anak agar pendapat bisa diterima oleh orang lain dan ia pun juga harus menerima pendapat orang lain.

Selalu Berikan Dukungan dan

Jangan lupa untuk memberikan dukungan pada anak untuk mengembangkan kemampuannya. Seperti kemampuan dalam berbicara, bermusik, melukis, menari, atau kemampuan dan bakat lainnya yang bisa membuat anak meraih prestasi secara akademik dan non-akademik.

Selama anak melakukan hal yang positif demi masa depannya, sangat penting untuk memberikan dukungan dan motivasi pada anak, karena dukungan Anda sangatlah penting untuk memberi semangat pada anak.

Berikan Apresiasi atau Pujian Ketika Anak Mencapai Suatu Pencapaian

Apresiasi juga penting saat anak dalam sebuah kompetisi, baik menang ataupun kalah, apresiasi dapat memicu semangat anak untuk tetap berkreasi. Entah itu pencapaian hal kecil atau besar, tetap tunjukkan rasa kebanggaan Anda pada anak. Hal itu membuat anak tidak akan berkecil hati dan semangat untuk berjuang lebih keras.

Ajak Anak untuk Berdiskusi Tentang Berbagai Hal

Jika Anda ingin memiliki anak yang bebas beropini dan kreatif dalam hal positif, maka sering-seringlah ajak anak diskusi tentang berbagai hal. Anda bisa mendiskusikan hal-hal sederhana yang membuatnya berani mengeluarkan opini sendiri.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.