Ketahui 5 Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui 5 Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan
Ilustrasi (alodokter.com)

PortalMadura.Com -Banyak Sekalai selain sebagai bahan dasar pembuatan kecap yang sering Anda gunakan di makanan. Meski warnanya hitam, sebenarnya ini pun bisa dikonsumsi sama seperti kedelai biasa. Rasa dan teksturnya pun tidak terlalu jauh berbeda.

Kedelai sendiri merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka diklasifikasikan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial.

Selama ini Manfaat kedelai telah banyak diketahui masyarakat Asia, negara-negara seperti China dan Jepang, di mana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Selasa (6/7/2021) berikut ini beberapa manfaat kedelai hitam untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

Kedelai sering diolah menjadi camilan sehat rendah kalori untuk orang yang sedang menurunkan berat badan. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat protein dalam kedelai dapat menjadi sumber energi dan seratnya membuat Anda kenyang lebih lama.

Anda bisa memperoleh manfaat yang sama dari kedelai hitam. Kacang padat nutrisi ini memberikan rasa kenyang dan menstabilkan nafsu makan sehingga asupan kalori Anda menjadi lebih terkontrol.

Membantu Sirkulasi Darah dan Mencegah

Minyak pada kedelai hitam memiliki kandungan asam alfa linolenat yang merupakan jenis asam lemak omega-3. Zat ini berfungsi menjaga kesehatan jantung. Ekstrak kedelai hitam dapat melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko gangguan kardiovaskular lainnya.

Mengobati Bisul

Manfaat kedelai hitam juga bisa dijadikan obat herbal alami untuk penyakit kulit, salah satunya adalah bisul. Kedelai ini dapat membantu tubuhmu mempercepat proses pematangan bisul, sehingga dapat sembuh lebih cepat pula. Jaringan kulit jugalebih sehat karena kedelai ini kaya akan vitamin E.

Mencegah Penyakit Terkait Menapouse

Beberapa kasus terkait menopause yang dialami oleh wanita dapat memicu risiko penyakit, terutama penyakit yang dapat menyerang organ kewanitaan. Untuk mencegahnya, konsumsilah kedelai hitam secara rutin. Karena kedelai ini sangat menyehatkan bagi wanita untuk menjaga kesehatan sistem reproduksi mereka.

Penangkal Radikal Bebas

Kedelai hitam punya kandungan anti oksidan alami yang mampu menahan paparan radikal bebas yang akan masuk ke tubuh kita.

Itulah 5 Manfaat Kedelai Hitam untuk kesehatan, tapi ingat walaupun kedelai hitam memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kami sarankan anda untuk sering berkonsultasi pada dokter pribad anda, karena setiap orang memiliki kondisi kesehatan yang berbeda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.