Ketahui 6 Manfaat Oregano Bagi Kesehatan Tubuh

Avatar of PortalMadura.com
Ketahui 6 Manfaat Oregano Bagi Kesehatan Tubuh
Ilustrasi (merdeka.com)

PortalMadura.Com – Selama ini, oregano dikenal sebagai bahan penyedap makanan. Padahal tidak hanya itu, ada beragam yang sayang untuk dilewatkan. Daun oregano memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Anda perlu mengetahui khasiat dari daun oregano yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (16/6/2021) berikut manfaat daun oregano bagi kesehatan:

Meredakan

Ternyata daun oregano dapat meredakan flu dan batuk. Cara untuk memperoleh manfaatnya dengan meneteskan minyak oregano atau memasukkan oregano kering secukupnya ke dalam air hangat. Hiruplah uapnya atau gunakan air campuran ini untuk mandi.

Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Mengonsumsi oregano setelah makan selama 3 bulan, dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Membantu Melawan Bakteri Penyebab Infeksi

Oregano mengandung senyawa yang dapat melawan bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial oregano dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Pseudomonas aeruginosa, yang dapat menyebabkan infeksi. Akan tetapi, manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

Membunuh Parasit Di Usus

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak oregano selama 6 minggu dapat membantu mengurangi parasit di dalam usus, seperti Blastocystis hominis, yang dapat menyebabkan diare.

Menangkal Radikal Bebas

Selain kaya akan vitamin dan mineral, minyak esensial oregano juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada jaringan tubuh. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan antioksidan, dapat menyebabkan tubuh tidak akan rentan terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker.

Membantu Menyembuhkan

Sebuah penelitian membuktikan bahwa salep yang mengandung ekstrak oregano lebih efektif dalam menyembuhkan luka operasi dibandingkan petroleum jelly. Namun, sekali lagi, efektivitas oregano dalam hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.