oleh

Ketahui, Ini 4 Kandungan Bahan Kimia Berbahaya Dalam Sampo

PortalMadura.Com – Salah satu produk perawatan rambut yang sering digunakan yaitu sampo. Di pasaran ada berbagai jenis sampo yang beredar yang disesuaikan dengan kondisi rambut.

Namun ternyata, sampo mengandung zat kimia yang sangat berbahaya bagi tubuh. Ini beberapa kandungan zat kimia yang harus diwaspadai di dalam sampo. Apa saja?

Paraben
Bahan kimia ini lebih sering ditemukan dalam perawatan kulit. Namun beberapa produk rambut masih mengandung paraben seperti methylparaben dan propylparaben. Bahan-bahan tersebut dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah bakteri.

Tapi ternyata, paraben juga berkaitan dengan kanker payudara. Untuk mengidentifikasi kandungan parabens pada label perawatan kulit carilah tulisan propylparaben, benzylparaben, methyl- paraben, atau butylparaben.

Formaldehida
Sampo mengandung pengawet yang melepaskan formaldehida seperti quaternium-15, diazolidinyl urea, DMDM hydantoin, bronopol, atau imidazolidinyl urea. Kandungan-kandungan tersebut dapat sangat merusak karena bila terhirup dan masuk menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Selain menjadi karsinogenik, formaldehida juga dapat menyebabkan reaksi alergi, iritasi kulit, dan asma.

Loading...

Sulfat
Sulfat banyak terkandung di produk kecantikan termasuk sampo. Bahan kimia ini bisa sangat merugikan rambut karena menyebabkan kerapuhan. Pada beberapa kasus sulfat juga menyebabkan eksim. Sulfat biasanya hadir dalam bentuk sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulphate yang memberikan efek busa pada sampo.

Keharuman
Salah satu bahan paling umum yang sering digunakan pada produk rambut modern yaitu pengharum. Memang tidak sedikit orang yang memilih sampo, kondisioner, atau masker rambut karena memiliki aroma menarik.

Namun, hal ini malah bisa membawa masalah karena pengharum dapat menyebabkan reaksi alergi atau memperparah gejala asma. Pengharum mengandung sejumlah bahan kimia yang mengganggu endokrin (EDC) dan termasuk di antara lima alergen teratas di dunia. (okezone.com/Desy)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar