oleh

Ketua APTISI : PTS Itu Tidak Perlu Rendah Diri

PortalMadura.Com, Sumenep – Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI), Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec mengemukakan, bahwa APTISI itu wajib menfasilitasi dan mencari jalan bagi perguruan tinggi yang sudah bergabung dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi itu sendiri.

Salah satunya, melakukan kunjungan kesejumlah universitas kekawasan dunia dalam rangka membangun kerjasama untuk semua hal. “Atasnama APTISI, mereka akan melihat dan memperhatikan perguruan tinggi kita. Memang perguruan tinggi kita kecil, tetapi perguruan tinggi yang bergabung kan banyak,” kata Edi dalam perbincangannya dengan Alwiyah, Rektor Unija Sumenep, dalam sebuah kesempatan.

Menurut dia, para pengelola perguruan tinggi tidak akan memandang kecil terhadap perguruan tinggi yang dikelola oleh masing-masing rektor yang bergabung di APTISI. Mereka akan berfikir positif, bahwa meskipun perguruan tinggi kecil akan memberi manfaat pada mereka. “Tidak perlu rendah diri, karena kita saling menguntungkan, saling membutuhkan, dan saling memberi,” ujarnya.

Diakui, APTISI sudah empat kali melakukan kunjungan kesejumlah universitas kekawasan dunia. Namun, bukan berarti sudah menghasilkan seratus persen. Tetapi, paling tidak sudah memulai dan mengawali. Untuk tindak lanjutnya, tentu pihak rektor yang tergabung dengan APTISI sudah bisa kontak langsung dengan pengelola universitas yang sudah go Internasional.

“Minimal bisa join seminar atau join riset. Dan ini harus dilakukan karena memang bagian dari kerjasama yang sudah dibangun dengan mereka,” terangnya.

Selain itu, juga akan menambah wawasan para rektor diinternal APTISI. Jika hanya berada dikawasan terbatas, otomatis tidak akan berkembang, baik perkuliahan, kondisi perpustakaan, ruang kuliah maupun metode perkuliahan serta hal lain yang berkaitan dengan pendidikan tinggi. “Semua ini kita lakukan untuk menuju internasionalisasi perguruan tinggi,” tandas mantan Rektor UII yang menjabat selama 2 periode ini.(htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar