Ketua Komisi B DPRD Jatim Dorong Madura Jadi KEK

Avatar of PortalMadura.com
Legislator Jawa Timur Dorong Peningkatan Sektor Pertanian
dok. Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, Aliyadi Mustofa (Foto: Marzukiy @Portalmadura.Com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Pamekasan – Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa, mendorong pulau Madura menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Mengingat, Madura memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah.

Menurut Aliyadi, Sumber Daya Alam (SDM) Madura dapat ditemukan di segala sektor. Dari sektor laut, Madura memiliki kekayaan alam berkualitas ekspor, misalnya ikan teri, lobster, garam dan teripang. Demikian juga di sektor darat yang tidak kalah melimpah.

“Misalnya di sektor kelautan, selama ini nelayan hanya menjual ikan mentahnya saja. Sehingga hasil yang didapat cukup murah, padahal ikan itu dapat dikelola dengan baik agar memiliki daya jual yang tinggi,” katanya, Sabtu (6/2/2021).

Legislator yang akrab disapa Gus Aliyadi ini menambahkan, pihaknya sangat menyayangkan adanya potensi yang melimpah tersebut, namun tidak dapat terkelola dengan baik. Sehingga kondisi ini harus menjadi atensi serius pemerintah.

Baca Juga:  Buntut SK Tunda Pilkades, Warga Sampang Demo Bupati

“Sangat sayang sekali potensi alam kita yang begitu melimpah belum terkelola dengan baik. Madura ini kaya raya, sudah sepantasnya masyarakat sejahtera,” tandasnya.

Peraih suara terbanyak nasional internal PKB pada pileg 2019 tersebut menegaskan, salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah meningkatkan ekonomi masyarakat menjadikan kawasan ekonomi industri. Sebab, pemerintah memberikan keistimewaan tersendiri bagi daerah yang menjadi KEK melalui Undang-undang omnibus law.

“Pengembangan sistem elektronik terintegrasi secara nasional. Dengan pelayanan itu, promosi produk akan lebih mudah dan jangkauannya lebih luas. KEK juga tidak dipungut PPN dan PNnBM untuk jasa kena pajak dan barang kena pajak tidak berwujud. Lalu, KEK nonindustri dapat melakukan impor barang konsumsi,” jelasnya.

Baca Juga:  Gol Injury Time & 2 Kartu Merah, Nurul Huda vs Nurus Shobah Imbang

Pemkab setempat juga wajib memberikan dukungan berupa insentif daerah. Dewan Nasional dapat menetapkan tambahan fasilitas dan kemudahan lain. Sehingga dapat meningkatkan ekspor dan substitusi impor di KEK.

“Kami rasa, jalan cepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Madura yaitu dengan cara menjadikan Madura sebagai kawasan ekonomi khusus,” pungkasnya.


Ikuti Berita Terbaru Dari PortalMadura.com di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.