Khas Ukiran Karduluk Tetap Menarik Pasar

Avatar of PortalMadura.com
portal madura berita madura terkini

PortalMadura.Com, Sumenep – Kerajinan ukir kayu di Desa Karduluk Kecamatan Pragaan, Sumenep, Madura, Jawa Timur, sampai sekarang masih tetap lestari. Segala jenis ukir bisa Anda pesan di daerah yang dikenal dengan Kota Ukir tersebut.

Beberapa karya anak muda desa ini sudah pernah menyabet juara di tingkat nasional, lantaran jenis dan gaya ukirannya yang unik dan bagus. Untuk pameran ukir dari wilayah Madura selalu diwakili oleh ukiran khas Desa Karduluk.

Qudsi (30) adalah salah satu pengrajin ukir Desa Karduluk yang pernah mendapat juara satu tingkat nasional dengan hadiah umroh ke tanah suci. Lomba yang digelar pada tahun 2004 tersebut, dari segala penjuru nusantara ikut meramaikan keunikan dan kualitas ukirannya masing-masing.

Baca Juga:  Diduga Pelaku KDRT, Polisi Sumenep Ringkus Oknum Karyawan Perhutani

Tidak menyangka, jika ukiran khas Karduluk dapat dipertarungkan di kancah nasional. Hal itu, harus menjadi perhatian pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat karena telah ikut membawa harum daerah.

“Alhamdulillah, sampai sekarang ukiran khas Karduluk tetap lestari. Anak-anak muda masih banyak yang berminat meneruskan warisan nenek moyang ini. Dan ukirannya tetap berkualitas,” ujar Qudsi saat berbincang, Minggu (5/4/2015).

Ia menceritakan, dirinya belajar menjadi pengrajin saat masih duduk di sekolah dasar. Berkat kerja keras dan telaten membuat beberapa karyanya selalu ikut pameran tingkat nasional, tak jarang pula sukses membawa pulang hadiah di beberapa event.

“Mengukir itu butuh ketelatenan dan pikiran yang kreatif biar karyanya bagus dan menarik minat pasar. Tentu, harus mendapat perhatian dari pemerintah, baik berupa bantuan dan lain-lain, agar kerajinan ini tidak termakan usia,” tukas pria beranak dua ini. (Marzukiy/choir)

Baca Juga:  KLM Cinta Kembar Hilang Kontak, Dari Kalianget Tujuan Batu Guluk Sumenep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.