Khasiat Buah Delima dalam Pandangan Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Khasiat Buah Delima dalam Pandangan Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Delima merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan yang berasal dari Iran. Buah yang memiliki bentuk bulat dan berwarna merah ini berkhasiat dapat membersihkan perut atau lambung dari berbagai kotoran. Di balik kecantikannya pun, buah ini tenyata juga tertera dalam Alquran.

Bahkan, sebagaimana dalam riwayat yang ditulis oleh Ibnu Abbas di sebuah hadis, menyebutkan, bahwa dianggap sebagai salah satu buah surga, karena Rasulullah juga suka sekali mengonsumsi buah ini.

“Masing-masing dari buah delima kalian diserbuki oleh benih delima surga,” (Shahih Muslim).

Sebuah riwayat Harb dan parawi meriwayatkan dari ali bin abi Thalib: “Makanlah buah delima dan bagian dagingnya sekaligus, karena buah ini berfungsi membersihkan lambung,”.

Bukan cuma hadis yang menerangkan manfaat delima untuk menetralisir kotoran dalam perut manusia. Dalam Alquran surat Ar-Rahman disebutkan, bahwa delima termasuk dalam buah yang memiliki khasiat untuk pengobatan, selain pohon dan buah lain termasuk kurma.

Allah berfirman: “Di dalamnya (surga) ada buah-buahan, pepohonan kurma dan delima,” (QS. Ar-Rahman: 68).

Menurut ilmu kedokteran, buah delima yang memiliki rasa manis bersifat panas dan basah, bermanfaat untuk mengobati tenggorokan, dada, paru-paru dan melegakan batuk. Sementara buah delima yang memiliki rasa asam dan bersifat dingin serta kering, bermanfaat mengademkan panas perut dan memproduksi air kencing dibandingkan jenis delima lainnya.

Untuk itu sebagai umat muslim, Anda juga harus tahu jenis buah-buahan lainnya yang sering dikonsumsi Rasulullah. Hal ini, sebagai tanda bahwa Anda suka mengikuti kebiasaan beliau dari segi apapun. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.