Khusus Lansia : Ini Asisten Virtual Cerdas yang Diberi nama ElliQ

Avatar of PortalMadura.Com
Khusus Lansia : Ini Asisten Virtual Cerdas yang Diberi nama ElliQ
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kalangan Lanjut Usia (Lansia) tentu mengalami perasaan kesepian karena kehilangan hal-hal yang dimilikinya semasa muda, hal ini sebagaimana sebuah studi yang dilakukan oleh sejumlah psikolog.

Sebab itu, mereka dianjurkan untuk melakukan kegiatan self refreshing seperti mendengarkan musik, menonton TV, dan sekadar membaca.

Maka, adanya temuan ini dimanfaatkan oleh startup asal Israel, Intution Robotics, dengan menciptakan asisten virtual yang diberi nama ‘'. ini sengaja dibuat untuk menemani kalangan lansia agar mereka tetap aktif dan tidak lagi kesepian.

ElliQ yang juga dirancang oleh desainer industrial kawakan Yves Béhar ini memiliki sejumlah peran yang cukup membantu kalangan lansia dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Selain itu, Asisten virtual cerdas ini juga bisa memberikan rekomendasi terkait permintaan spesifik pengguna secara proaktif. Misalnya, memberikan rekomendasi audiobooks, musik atau resep memasak.

Sama halnya dengan asisten virtual, seperti Siri, Google Assistant atau Cortana, ElliQ juga mampu mencatat jadwal dan memberikan reminder sesuai dengan waktu yang ditentukan.

kelebihannya lagi, asisten virtual cerdas ini bisa diintegrasikan dengan aplikasi Facebook Messenger, sehingga pengguna bisa ‘menitip' pesan ke ElliQ agar ditulis dalam chat ke kontak yang ingin dikirim.

Seperti yang diungkapkan Intuition Robotics, bahwa ElliQ menggunakan sistem pembelajaran mesin yang natural. Dengan begitu, asisten virtual cerdas itu dapat mempelajari preferensi, kebiasaan dan karakteristik dari ‘majikan'nya.

Kabarnya, saat ini ElliQ masih dalam tahap pengujian lebih lanjut. Nantinya, asisten virtual cerdas itu akan dijual terlebih dahulu di Negeri Paman Sam mulai Februari 2017. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.