oleh

Kiat Raih IPK Tinggi, Kuliah Ala Mahasiswa Cerdas

PortalMadura.Com – Nyaris semua mahasiswa memimpikan IPK tinggi, hingga segala macam cara dan upaya dilakukan agar dapat meraihnya. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) memang bukan satu-satunya jaminan yang menentukan kesuksesan seseorang di masa depan. Tetapi, siapa sih yang tidak ingin ketika lulus nanti mengantongi gelar sekaligus berpredikat sebagai mahasiswa dengan IPK tertinggi.

Selain sebagai bentuk pencapaian, IPK tertinggi juga bisa dijadikan sebagai hadiah kepada orang-orang yang selama ini mendukung kita, seperti halnya orang tua, kerabat, teman dan orang-orang terdekat lainnya.

Mendapatkan IPK tinggi ternyata termasuk hal yang seru, antara susah-susah gampang, namun saat kita berusaha semaksimal mungkin, maka tidak ada yang tidak bisa. Sebagaimana dilansir dari Onlinelearning.binus.ac.id, Senin (19/4/2021) lima kiat-kiat sukses ala mahasiswa cerdas untuk raih IPK tinggi yaitu:

Rajin Datang ke Kelas, Tepat Waktu

Umumnya faktor utama dalam penilaian adalah kehadiran, kadang, ada beberapa dosen yang menargetkan kehadiran dalam satu semester, jika target tersebut tidak dipenuhi oleh mahasiswa maka akan mendapatkan catatan khusus dari dosen. Sebaiknya kehadiran ini juga diimbangi dengan ketepatan waktu, alias jangan telat-telat agar tidak membuat dosen kesal, dan jangan sekali-kali hanya titip absen, biasanya tindakan yang demikian akan menjadi catatan serius dari dosen.

Partisipasi Aktif di Kelas

Mahasiswa yang aktif di kelas akan lebih mudah di ingat oleh dosen. Mahasiswa yang demikian biasanya akan selalu menjadi pusat perhatian dan menjadi idola. Tetapi perlu di garis bawahi, aktif disini tidak hanya sekadar nyeletuk, melainkan harus mampu menyampaikan argumen dan pendapat yang cerdas, berbobot dan nyambung dengan materi yang sedang dibahas. Karena sekalipun Anda aktif namun arah pendapat Anda tidak sesuai dengan materi, maka jatuhnya akan membuat suasana menjadi kacau.

Bergaul dengan Teman yang Rajin

Bergaul dengan orang-orang rajin, pintar dan hebat dapat dijadikan sebagai terapi untuk membangun semangat diri untuk termotivasi menjadi lebih giat lagi. Dengan berteman dengan teman yang rajin biasanya perlahan Anda akan mengikuti kebiasan rajinnya pula.

Buat Jadwal Rutinitas

Ini penting sekali dilakukan oleh setiap orang yang menghendaki sukses dimasa depan. Orang yang sukses biasanya dimulai dari kedisiplinan dan tanggung jawab yang tinggi terhadap apa yang ditekuni saat ini. Berlaku sama jika Anda menginginkan IPK yang tinggi, maka Anda harus mampu mengatur jadwal Anda, antara kuliah dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Jangan SKS

SKS disini adalah sistem kebut semalam, dan ini menjadi kesalahan yang sangat fatal dilakukan oleh mahasiswa yang memimpikan IPK tinggi. Karena rasanya mustahil jika materi selama satu semester Anda hafal dalam waktu semalam, seharusnya Anda perlu mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari.

IPK memang bukan penjamin kesuksesan, namun setidaknya dengan IPK tinggi, akan ada kepuasan batin tersendiri. Jangan mudah puas dan teruslah berusaha.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Onlinelearning.binus.ac.id

Komentar