Kilang Minyak Indramayu Terbakar, Pertamina Nyatakan Stok BBM Aman

Avatar of PortalMadura.com
Kilang-Minyak-Indramayu-Terbakar,-Pertamina-Nyatakan-Stok-BBM-Aman
Pertamina tengah menyelidiki penyebab kebakaran yang melanda Kilang Minyak Balongan pada Senin (29/3) dini hari. Ilustrasi. (ANTARA)

PortalMadura.Com – PT Pertamina memastikan stok bahan bakar minyak (BBM) tetap aman meski tangki minyak di kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat terbakar pada Senin dini hari.

Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati meminta masyarakat tidak panik terkait ketersediaan stok BBM.

“Kami akan pastikan pasokan BBM aman. Kita optimalkan produk dari kilang lain dan kita akan salurkan langsung ke daerah yang selama ini disuplai dari Balongan yaitu Jakarta dan Cikampek,” kata Nicke dalam konferensi pers virtual pada Senin (29/3/2021).

Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina Persero, Mulyono mengatakan saat ini stok gasoline masih berkisar 10,5 juta barel yang cukup untuk 27 hingga 28 hari ke depan.

Baca Juga:  Arsul Sani Sebut Reformulasi 14 Pasal RKUHP dari DP Wajib Dibahas di DPR

Sedangkan stok solar tersedia sebanyak 8,8 juta barel yang cukup untuk 20 hari ke depan, kemudian stok aftur berkisar 3,2 juta barel untuk 74 hari ke depan.

Kilang Balongan biasanya menyuplai BBM untuk wilayah Jakarta dan Cikampek, meski demikian stok di kedua wilayah ini masih cukup aman.

Mulyono memperkirakan proses pemadaman api membutuhkan waktu sekitar empat hingga lima hari dengan potensi kehilangan produksi sebesar 400 ribu barel.

Namun menurut dia, hal itu bisa diatasi dengan meningkatkan produksi di Kilang Cilacap dan Kilang Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI).

“Kilang Cilacap bisa dinaikkan produksinya sampai 300 ribu barel, sedangkan TPPI bisa sampai 500 ribu barel,” ujar Mulyono.

Baca Juga:  Arsul Sani Sebut Reformulasi 14 Pasal RKUHP dari DP Wajib Dibahas di DPR

Sebelumnya diberitakan, kebakaran terjadi di kilang minyak di Baln

Kebakaran terjadi di kilang minyak PT Pertamina di Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada Senin sekitar pukul 00.45 WIB.

Penyebab kebakaran belum diketahui secara pasti, namun pada saat kejadian sedang turun hujan deras disertai petir.

20 orang terluka, tiga orang dalam pencarian, dan 915 orang mengungsi akibat peristiwa ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.