Kirim WA Tanpa Kuota Internet, Ini Caranya!

Editor: Desy Wulandari
Cara Mudah Transfer Data WhatsApp ke Handphone Baru
ilustrasi (inews.id/Android Pit)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Tidak bisa membalas pesan WhatsApp gegara kuota data internet habis atau ponsel mati karena lowbat? Tenang ada cara untuk mengakalinya. Ada beberapa langkah untuk berkirim WA tanpa kuota data internet ataupun ponsel dalam kondisi mati kehabisan baterai. Semuanya bisa dilakukan dengan mudah.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

Koneksi WiFi

Bila tidak ada kuota internet, agar tetap bisa berkirim WA tinggal koneksikan ke jaringan WiFi. Hanya saja cara ini tidak bisa dilakukan bilamana ponsel dalam kondisi mati kehabisan daya, maka gunakan langkah kedua.

WA Web

WhatsApp punya fitur Multi Perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp miliknya ke perangkat lain secara mandiri. Dalam artian tanpa memerlukan HP yang selalu menyala dan terhubung internet.

Seperti kita ketahui, saat mengakses WhatsApp Web maupun Desktop HP diwajibkan standby. Begitu tidak terkoneksi dengan internet apalagi kondisi mati, kita tidak dapat berkirim dan menerima pesan di WA Web atau WA Desktop.

Fitur WhatsApp Multi Perangkat sudah mulai digulirkan ke seluruh pengguna. Namun sedikit catatan, fitur baru ini hanya bisa digunakan hingga empat perangkat saja.

Baca Juga:  WhatsApp Tiba-tiba Bermasalah? Coba 7 Cara Ini

Selain itu beberapa fitur untuk saat ini tidak didukung. WhatsApp mengatakan dalam posting blognya bahwa pengguna tidak dapat membersihkan atau menghapus percakapan di perangkat yang terhubung jika perangkat utamanya adalah iPhone.

Batasan lainnya adalah WhatsApp tidak mengizinkan penggunaan fitur ini di tablet. Selain itu, aplikasi tidak akan mengizinkan panggilan atau pesan ke perangkat yang menjalankan aplikasi versi lama. Perangkat yang terhubung tidak dapat melihat lokasi real time dan tidak dapat membuat atau melihat pesan broadcast.

Kendati setelah terhubung kita tidak membutuhkan HP yang terkoneksi internet, namun WhatsApp masih memberikan batasan. Jadi jika Anda tidak membuka aplikasi WhatsApp di HP (terkoneksi internet) setelah 14 hari maka semua perangkat yang ditautkan akan keluar secara otomatis.

Kalau soal keamanan tidak perlu khawatir, WhatsApp telah memastikan bahwa fitur Multi Device telah mendukung enkripsi ujung ke ujung. Artinya semua pesan pribadi, media, dan panggilan akan tetap terjaga privasinya.

Perlu dicatat bahwa Anda akan diminta untuk menautkan perangkat ke WhatsApp Web atau Desktop pada tahap awal. Setelah itu Anda dapat menggunakan WhatsApp tanpa menghubungkan HP. Berikut ini cara melakukannya.

Baca Juga:  Ini 3 Tanda Anda Dapat Pesan Berbahaya di WhatsApp

1. Buka WhatsApp di HP dan ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas (Android) atau tekan menu Settings di pojok kanan bawah (iPhone)

2. Tekan opsi Linked Devices atau Perangkat Tertaut

3. Tekan Multi-Device Beta di bagian bawah. WhatsApp kemudian akan menampilkan halaman yang menjelaskan batasan fitur dan hal lainnya.

4. Ketuk tombol Join Beta atau Gabung Beta, diikuti menekan Lanjutkan atau Next

5. Selanjutnya tinggal menautkan HP ke WhatsApp Web atau Desktop dengan memindai kode QR

6. Dari sini Anda bisa menggunakan WhatsApp Web ataupun Desktop tanpa perlu HP terhubung dengan internet

 


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.