oleh

Klaim Suaranya Hilang, Caleg PBB Jatim Buat Laporan ke Bawaslu Bangkalan

PortalMadura.Com, Bangkalan – Salah satu Calon Legislatif (Caleg) PBB pada tingkatan DPRD Provinsi Jawa Timur, melaporkan dugaan perolehan suaranya hilang di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Laporan disampaikan kepada Bawaslu Bangkalan, Rabu (24/4/2019). Caleg PBB itu atas nama Mathur Husyairi.

Berdasarkan saksi yang ditempatkan Mathur Husyairi di Kecamatan Socah, Bangkalan menemukan sejumlah kejanggalan pada proses rekapitulasi perolehan suara di PPK.

Pihaknya mengklaim, berdasarkan C1 yang dikirimkan oleh relawan Mathur Husyairi untuk Desa Jaddih, Bilaporah serta Desa Keleyan meraup suara hingga 375.

Baca Juga : Dugaan Penggelembungan Suara Pemilu di Madura

Loading...

“Sangat aneh, perolehan suara kami hilang ketika rekapitulasi di PKK Kecamatan Socah, karena kita taat hukum, maka Bawaslu harus tegas menangani permasalahan ini dan jangan sampai dibiarkan,” tegas Mathur.

Pihaknya juga menyerahkan bukti C1-KWK berhologram kepada Bawaslu yang didapat melalui relawannya di Kecamatan Socah, Bangkalan. “Sudah kami serahkan bukti-bukti kepada Bawaslu,” ucapnya.

Komisioner Bawaslu Bangkalan, Buyung Pambudi menjelaskan, setelah menerima laporan, pihaknya akan melakukan kajian awal untuk menentukan posisi kasus yang dilaporkan tersebut. “Apakah masuk pelanggaran apa tidak,” katanya.

Selanjutnya, dari hasil kajian awal akan dilakukan pleno. “Pleno dilakukan berdasarkan hasil kajian awal. Hasil pleno bisa berupa rekomendasi. Isi rekomendasinya tergantung hasil kajian awal tersebut,” jelasnya.


Penulis : Imron
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar