oleh

Klepon, Jajanan Hits dari zaman ke zaman

PortalMadura.Com – Jajanan tradisional ini umumnya berwarna hijau dengan dilumuri parutan kelapa dan berisi gula aren cair dengan bentuk bulat menyerupai bola pimpong ini sudah menjadi jajanan fenomenal dari zaman ke zaman.

Dilansir dari Tirto.id, Selasa (30/3/2021) Kue klepon ini tergolong sebagai jajana yang harganya terjangkau dengan rasa yang nikmat. keberadaan klepon ini tidak hanya memperkayta kuliner nusantara, klepon juga dihargai sebagai salah satu warisan budaya yang menjadi simbol atas identitas kolektif suatu daerah.

Sejak 1950-an, klepon sudah dikenalkan oleh imigran Indonesia ke Belanda dan tersedia di berbagai restoran ketika itu. Rasanya yang manis dan bentuknya yang unik menjaikan makanan ini banyak diminati baik warga negara Indonesia sendiri ataupun warga negara luar.

Keberadaan kue klepon ini sudah terkenal di seluruh Asia Tenggara, tidak sulit menemukan jajanan ini di negara lain, seperti di Malaysia, Brunei dan Singapura. Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya jajanan iniĀ  dari berasal dari Jawa. Di Jawa klepon ini disajikan dengan getuk dan cenil dan biasa di jadikan camilan di waktu pagi atau sore oleh masyarakat setempat.

Cara membuatnyapun terbilang cukup mudah, bahan bahan yang di perlukan sangatlah sederhana, seperti air, tepung, gula, daun pandan dan kelapa, lalu diolah dengan cara mencampurkan semua bahan, lalu membentuknya menjadi bulatan-bulatan dan dimasak dengan cara di rebus.

Namun seiring berkembangnya zaman, kini kue klepon sudah banyak berinovasi, mulai dari bentuk dan juga varian rasanya yang membuat jajanan ini semakin diminati. Lalu Apakah Anda termasuk penikmat jajanan ini?

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Tirto.id

Komentar