Korban Kerusuhan Wamena, Warga Sampang Memilih Pulang Kampung

Avatar of PortalMadura.com
Korban Kerusuhan Wamena, Warga Sampang Memilih Pulang Kampung
dok. Pesawat Hercules yang mengangkut pengungsi tiba di Lanud Silas Papare, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (27/9/2019). (Foto: iNews)

PortalMadura.Com, Sampang – Korban kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua asal Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, memilih pulang kampung.

Pihak Dinas Sosial Kabupaten Sampang menyebutkan, sedikitnya 34 warga Sampang, malam ini, Minggu (29/9/2019) dipulangkan ke kampung halamannya.

Dari Wamena mereka diangkut dengan pesawat Hercules milik Angkatan Udara (AU) sampai Semarang.

Selanjutnya menggunakan bus dan transit di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemprov Jatim.

“Iya betul malam ini ada pemulangan warga Sampang yang merantau di Papua, karena kerusuhan,” terang Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Sampang, Moh. Amiruddin.

Dari 34 warga Sampang yang pulang dari Wamena, Papua, enam orang di antaranya pulang ke Surabaya dan sisanya langsung menuju kampung halamannya di Sampang.

Baca Juga:  Cegah Parpol Catut Nama, Bawaslu Sumenep Buka Posko Pengaduan

Kerusuhan terjadi di Wamena berawal dari unjuk rasa siswa pada Senin (23/9/2019), yang memprotes seorang guru karena dikabarkan mengucapkan cemoohan bernada rasial.

Aksi tersebut berakhir rusuh. Ada pihak yang melakukan pembakaran pada rumah warga, kantor pemerintah, serta fasilitas umum.

Pemerintah sempat menutup akses internet di Wamena, lalu kembali dibuka layanan data internet pada Sabtu (28/9/2019) karena kondisi dan situasi keamanan dianggap telah pulih.

Hingga kini, sudah dilaporkan 33 orang yang tewas dalam kerusuhan tersebut, dan ribuan orang mengungsi dan ada yang pulang kampung.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.