Wabup Pamekasan Pimpin Deklarasi Kampanye Sehat Cegah Stunting

Avatar of PortalMadura.com
Wabup Pamekasan Pimpin Deklarasi Kampanye Sehat Cegah Stunting
Kampanye Sehat Cegah Stunting (Foto. Istimewa)

PortalMadura.Com, Pamekasan – Wakil Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Raja’e, memimpin deklarasi kampanye cegah stunting yang diadakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Minggu (29/9/2019).

Deklarasi itu diawali dengan jalan-jalan sehat bersama masyarakat dari 13 kecamatan dan forkompimda mengelilingi Kota Pamekasan seraya membawa poster ajakan hidup sehat dan mencegah penyakit stunting atau kerdil.

Kampanye Sehat Cegah Stunting yang itu ditandai dengan penyuntikan dengan menggunakan jarum suntik raksasa oleh Wabup Pamekasan, Raja’e, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi.

“Gerakan ini dimaksudkan untuk mewujudkan kesadaran sistemik di kalangan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan menekan angka kasus stunting,” kata Raja’e dalam sambutannya.

Baca Juga:  Anda Sering Sakit Punggung? Hindari 3 Makanan Ini!

Mantan Kepala Desa Bujur Barat, Kecamatan Batumarmar itu menambahkan, Kampanye Sehat Cegah Stunting ini tidak sekadar formalitas saja, melainkan harus menjadi komitmen bersama untuk menyukseskan program tersebut.

Petugas medis mulai rumah sakit, puskesmas hingga puskesmas pembantu harus sejalan dan satu visi merealisasikan gerakan cegah penyakit kerdil itu. Tentul hal tersebut tidak lepas dari dukungan masyarakat.

Berdasarkan data statistik, penderita stunting atau penyakit kerdil di Kabupaten Pamekasan dari tahun ke tahun mengalami penurunan. Pada tahun 2013 lalu, jumlah stunting di daerahnya mencapai 42,5 persen.

Bahkan, menduduki rangking tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Kabupaten Bangkalan. Namun, pada tahun 2018, angka kasus anak kerdil itu menurun menjadi 27,67 persen.

Baca Juga:  Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Semangka bagi Tubuh Manusia

“Ini tentu tidak lepas dari peran semua pihak, terutama pada petugas medis dari dinas kesehatan yang tersebar di berbagai kecamatan di Pamekasan ini,” tutup mantan Ketua Umum HMI Kabupaten Pamekasan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.