PortalMadura.com

Kreatif, Jelang Visit Sumenep Warga Karduluk Ukir Wajah Jokowi Jadi Aksesoris

  • Kamis, 20 Juli 2017 | 08:45
Kreatif, Jelang Visit Sumenep Warga Karduluk Ukir Wajah Jokowi Jadi Aksesoris

PortalMadura.Com, Sumenep – Salah seorang pengrajin seni ukir Desa Karduluk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai mengembangkan kreatifitasnya. Salah satunya, membuat ukiran kayu berwajah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Meski jauh dari sempurna, ukiran tersebut sengaja dibuat menjelang tahun kunjungan wisata Sumenep 2018 (Visit Sumenep 2018).

“Biar ada yang berbeda. Ini kan aksesoris rumah tangga juga,” kata salah seorang penjual dan pemilik usaha mebel serta kerajinan ukiran Desa Karduluk, Sumenep, Slamet Ready, pada PortalMadura.Com, Kamis (20/7/2017).

Ia mengaku tidak membatasi kreasi yang dihasilkan dari seni ukir yang sudah digeluti secara turun-temuran tersebut. Bahkan, tokoh nasional lainnya, seperti Soekarno, dan Khofifah Indar Parawansa, juga pernah dibuat.

Baca Juga:  Ummi Hani: Kesenangan Membawa Kesuksesan dalam Bekerja
Harijadi Bangkalan

“Kalau yang wajah pak Presiden memang baru memproduksi. Alhamdulillah, bisa laku Rp600 ribu,” ucapnya.

Seiring dengan kebutuhan pasar, khususnya wisatawan yang akan berkunjung ke Sumenep, ia juga mulai memproduksi aksesoris yang harganya minimal Rp25 ribu.

“Ada juga asbak rokok dari kayu yang diukir, tempat tisu, tempat gelas, burung, dan aksesoris rumah tangga lainnya,” pungkasnya.

Dari hasil kreasinya, ia tetap mempertahankan khas ukiran Karduluk, Sumenep.(Hartono)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional