oleh

Krim Hidrokortison, Benarkah Ampuh Atasi Jerawat?

PortalMadura.Com – Hampir semua orang tidak suka ketika mengalami jerawat, selain mengganggu penampilan, biasanya juga akan muncul rasa sakit. Hal ini disebabkan karena pori-pori yang tersumbat mengalami peradangan sehingga jerawat tampak memerah dan sakit.

Bagi yang mengalaminya pasti tidak akan tinggal diam, kebanyakan mereka menggunakan berbagai produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Tapi tahukah Anda, sejumlah produk sebagai obat jerawat itu menambahkan bahan berupa hidrokortison yang berfungsi untuk meredakan peradangan.

Jika demikian, apakah krim hidrokortison benar-benar ampuh untuk mengatasi jerawat?. Berikut jawabannya:

Manfaat Krim Hidrokortison secara Umum
Krim, salep, dan losion hidrokortison adalah produk yang termasuk dalam golongan kortikosteroid, atau sering pula disebut sebagai steroid. Fungsi utamanya adalah untuk mengatasi rasa gatal, bengkak, iritasi akibat eksim, dermatitis kontak, psoriasis, serta gigitan serangga. Beberapa jenis produk hidrokortison juga dicampur dengan bahan antimikroba untuk mengatasi masalah kulit akibat infeksi bakteri dan jamur.

Mengingat fungsinya yang terbatas, manfaat krim hidrokortison lebih optimal jika digunakan bersama produk perawatan kulit lainnya. Contohnya, produk hidrokortison yang digabungkan dengan obat jerawat mengandung benzoil peroksida dapat meredakan peradangan sekaligus membuat jerawat cepat mengering.

Produk hidrokortison relatif aman digunakan untuk kulit dan Anda dapat memperolehnya dengan mudah di apotek. Namun, ada pula jenis krim hidrokortison yang lebih kuat yang disebut hidrokortison butirat. Produk ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Apakah Krim Hidrokortison adalah Obat Jerawat?
Kulit pada area wajah lebih tipis dan halus dibandingkan kulit pada bagian tubuh yang lain. Walaupun dapat mengatasi peradangan pada kulit, penggunaan hidrokortison untuk obati jerawat dalam jangka panjang tidak disarankan karena dapat merusak kulit dan meninggalkan bekas yang tampak pada wajah.

Loading...

Bila Anda memiliki masalah kulit yang parah, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum membeli krim hidrokortison secara asal. Dokter dapat menilai terlebih dulu apakah masalah pada kulit wajah Anda perlu diatasi dengan hidrokortison atau jenis obat jerawat lain. Jika memang diperlukan, maka dokter dapat memberikan resep produk hidrokortison yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.

Menggunakan Krim Hidrokortison untuk Jerawat
Berikut adalah langkah-langkah penggunaan produk hidrokortison yang perlu Anda lakukan untuk memperoleh manfaatnya secara optimal:

Bersihkan wajah Anda dengan air hangat dan sabun pembersih wajah berbahan lembut. Hindari penggunaan scrub karena dapat meningkatkan risiko iritasi dan peradangan yang lebih parah pada jerawat.

1. Bersihkan sel-sel kulit mati dari wajah Anda dengan produk eksfoliator. Hanya gunakan produk ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk mencegah produksi minyak berlebih.

2. Ambil secuil krim hidrokortison dengan jari Anda, lalu tempelkan langsung pada jerawat yang meradang. Gunakan sebanyak 2 kali dalam sehari, sesuai kebutuhan.

3. Jika jerawat pada wajah Anda bertambah parah, coba kurangi jumlah krim yang Anda gunakan. Pada beberapa orang, hidrokortison justru dapat memperparah kondisi jerawat. Apabila kondisi kulit Anda tidak membaik setelah menggunakan produk ini selama seminggu, hentikan penggunaan dan cobalah berkonsultasi dengan dokter.

Perlu diingat bahwa penggunaan krim hidrokortison sebagai obat jerawat juga memiliki efek samping. Efek samping tersebut berupa rasa gatal, kemerahan, kulit wajah mengering, perubahan warna kulit, munculnya benjolan kecil, hingga iritasi.

Baca Juga : Ini 3 Alasan Cuka Apel Baik untuk Atasi Jerawat Membandel

Meskipun efek samping tersebut jarang terjadi, Anda dapat mengurangi risikonya dengan hanya menggunakan produk hidrokortison yang disarankan oleh dokter. Jangan ragu untuk menghentikan penggunaan krim hidrokortison untuk jerawat bila Anda tidak merasakan ada perbaikan pada kulit dan menimbulkan efek samping.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : okezone.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PortalMadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE